Duh! Lahan Petani di Merbabu Diserbu Monyet Liar, sampai Gagal Panen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JATENG – Para petani di lereng Merbabu, Kabupaten Boyolali tengah menghadapi masalah serius. Lahan pertanian mereka diserbu kawanan monyet liar, sampai-sampai membuat para petani gagal memanen tanamannya.

Salah satu desa yang diserbu kawanan monyet liar itu adalah Desa Ngagrong, Kecamatan Gladagsari pada akhir pekan lalu. Tanaman-tanaman yang baru saja ditanam seketika rusak karena ulah hewan primata tersebut.

“Kawanan monyet liar itu turun ke pemukiman warga karena sumber makanan mereka sudah menipis, atau tingginya curah hujan di wilayah mereka,” kata relawan Bascam Rempala Merbabu, Heri Setyawan, Senin 10 Februari 2020.

Ia yakin, kawanan monyet tersebut berasal dari puncak Gunung Merbabu. Pasca kebakaran Desember lalu, koloni monyet berjumlah ratusan itu lalu menyerang ladang dan perkebunan yang kini ditanami sayuran. Akibatnya, petani mengalami kerugian karena gagal panen.

Sementara menurut Kapolsek Ampel AKP Margono, polisi sudah dikerahkan untuk membantu warga mengusir kawanan monyet yang meresahkan itu. Meskipun, warga sudah cukup kesulitan menghalaunya.

“Begitu ditinggal sebentar dan lenggah kembali sudah habis dan rusak tanamannya,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Debat Perdana, Samani-Bellinda Siap 200 Persen dan Minta Doa Masyarakat

Mata Indonesia, Kudus - Calon Wakil Bupati Kudus nomor urut 01 Bellinda Birton mengaku siap untuk melaksanakan debat perdana...
- Advertisement -

Baca berita yang ini