Walikota Lakukan Tes Fungsi SPAM Kali Dendeng untuk Aliri Seluruh Kota Kupang

Baca Juga

MATA INDONESIA, KUPANG – Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama Balai Prasarana Pemukiman Wilayah NTT melakukan commisioning test atau tes fungsi atas proyek air bersih di Kalidendeng, Kota Kupang.

Menurut Walikota, proyek air bersih senilai Rp 168 miliar ini sudah mulai beroperasi di sebagian wilayah Kota Kupang dengan kapasitas 50 liter/detik atau tahap I. Air yang ditampung untuk sehari bisa digunakan untuk sebulan.

“Sementara untuk kapasitas 100 liter/detik belum dipakai karena masih ada sedikit hambatan terkait pendanaan pipa sekundernya. Kalau pemerintah Kota Kupang dan DPRD Kota Kupang menyediakan dana tersebut maka seluruh masyarakat Kota Kupang akan sangat mudah mendapatkan air 1×24 jam,” ujarnya di lokasi SPAM Manutapen, Jumat 1 Juli 2022.

Untuk proyek tahap II masih dalam perencanaan. Sebab untuk tahap I saja diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Kupang.

“Jadi untuk pembangunan tahap II ditahan dulu. Nanti terlihat sudah sangat dibutuhkan lagi baru bangun yang kedua. Jadi pemerintah Kota Kupang harus menyiapkan dana yang cukup untuk perpipaan. Anggaran Rp 30-40 miliar rencananya sekitar 2023,” katanya.

Sementara untuk peresmian Kalidendeng yang kabarnya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo masih belum pasti.

“Belum tahu, masih tergantung (keputusan) dari yang di atas. Yang penting masyarakat Kota Kupang dapat suplai air bersih,” ujarnya.

Sementara Projects Manajer Nindya Karya Seno Susanto mengatakan bahwa suplai air bersih ini diambil dari Kalidendeng.

“Ada intake kita di situ. Air kemudian ditampung di plaset untuk diendapkan lumpurnya. Setelah itu, baru airnya dipompa ke SPAM Manutapen untuk diberikan campuran kimia, baru dipompa ke raiser 1.000 di Alak. Kapasitas penampungan air di SPAM Manutapen sebesar 3.000 m3 atau 300.000 liter,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk SPAM Manutapen ini sudah rampung dan diserahterimakan kepada Pemerintah Kota Kupang pada hari ini.

“Dari Pemkot baru nanti diserahkan ke PDAM Kota Kupang,” katanya.

Sebagai informasi, proyek air bersih di Kalidendeng, Kelurahan Oleta Penkase, Kecamatan Alak ini dibangun oleh Kementerian PUPR dengan kapasitas 150 liter/detik. Rencananya bakal diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Juli 2022 nanti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini