Permudah Ibu Dapat Informasi, Peneliti Ciptakan Penerjemah Tangisan Bayi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kebanyakan orang tua, selalu bingung ketika menghadapi tangisan bayi buah hatinya, terlebih para ibu-ibu muda yang baru memiliki anak. Mereka masih menerka-nerka bayi mereka menangis karena apa dan mau apa.

Namun, kini para ibu tak perlu khawatir lagi karena peneliti sedang mengembangkan alat penerjemah tangisan bayi.

Dalam studi yang dilaporkan dalam jurnal Automatica Sinica sekelompok peneliti dari Amerika Serikat (AS) menciptakan kecerdasan buatan yang bisa mengidentifikasi sinyal bayi.  Algoritma dipakai untuk menerjemahkan apakah karena sakit, lapar atau rewel kelelahan.

Peneliti membandingkannya seperti pada orang tua atau petugas kesehatan yang sudah berpengalaman bisa menerka maksud di balik bayi menangis.

Pemimpin studi Lichuan Liu dari Northern Illinois University mengatakan kemampuan mendeteksi apakah normal atau tidak ini jadi hal penting dalam mengenali ancaman penyakit serius. Terlebih bagi para orang tua baru.

“Seperti sebuah bahasa khusus, ada banyak informasi kesehatan yang bisa didapat dari berbagai suara tangisan,” kata Lichuan seperti dikutip dari EurekAlert.

“Tujuan utamanya adalah supaya lebih banyak bayi sehat dan mengurangi tekanan bagi orang tua dan pengasuh.

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini