Artis Cantik Ini Derita Luka Bakar Tingkat Dua usai Dibekam, Kok Bisa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, CINA – Aktris China Deng Sha, yang memerankan saudara perempuan Wei Yingluo di ‘Story of Yanxi Palace‘ menderita luka bakar tingkat dua pada delapan persen tubuhnya setelah melakukan sesi bekam yang salah.

Sebuah posting yang diunggah di Weibo-nya pada 14 Desember dimulai dengan peringatan, “Foto-foto berikut mungkin mengganggu sebagian orang”.

Deng Sha menceritakan peristiwa itu terjadi pada Senin 9 Desember 2019 lalu saat dirinya merasa tidak sehat setelah seharian bekerja. Dia yang merasa lelah itu langsung memutuskan untuk pergi sesi pijat dan bekam di spa yang tidak disebutkan namanya di Beijing.

Bagi yang merasa bingung, teknik bekam di Cina berbeda dengan yang ada di Indonesia. Terapi bekam tradisional Cina dilakukan dengan memasukkan zat yang mudah terbakar ke dalam cangkir, menyalakannya, sebelum mengeluarkannya dan membuat pengisapan antara cangkir dan kulit.

Praktik itu, yang umumnya dianggap aman, akhirnya memberi Deng Sha luka bakar yang sangat parah sehingga dokter memperingatkannya bahwa pasti akan ada bekas luka.

Luka bakar Deng Sha. (Foto: Weibo)

“Ada beberapa poin yang ingin saya soroti untuk semua orang,” tulis aktris berusia 34 tahun itu.

“Pertama, ikat rambut Anda jika Anda memiliki rambut panjang. Jika tidak, rambut Anda mungkin terbakar dan akhirnya membakar wajah Anda. Kedua, Anda harus tetap tenang dan menghadapi kecelakaan secara rasional. Anda tidak dapat mengandalkan orang lain untuk tetap tenang dalam keadaan darurat, jadi Anda harus yakin bahwa Anda menggunakan akal sehat untuk menangani situasi tersebut.”

Dia melanjutkan, “Jika zat yang mudah terbakar itu terbakar pada Anda, gunakan handuk atau kain basah untuk memadamkan api. Gunakan air dingin untuk merawat area luka bakar sesegera mungkin. Dokter mengatakan bahwa ini adalah solusi yang paling efektif, dan bagian-bagian yang tidak saya obati dengan air dingin berakhir dengan lepuh. Terakhir, Anda harus mengoleskan luka bakar pada luka. Dokter mengatakan bahwa pasta gigi dan minyak obat tidak ada gunanya. Setelah itu, pergi ke rumah sakit terdekat untuk perawatan.”

Sementara luka-lukanya masih dalam penyembuhan, dokter masih belum bisa memberi tahu seberapa parah bekas luka itu, meskipun ia telah menyebutkan bagian-bagian yang menderita luka bakar terburuk pasti akan meninggalkan bekas.

Pemeriksaan berikutnya akan dilakukan dalam tiga minggu, dan ia hanya akan mengetahui sejauh mana kerusakan itu.

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini