Imbas Cuaca Panas, Jemaah Haji Disarankan Pakai Masker dan Konsumsi Gula Aren

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Meskipun pemerintah Saudi telah membebaskan penggunaan masker seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 di dunia kian membaik. Namun, Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Dr Abdul Aziz Ahmad, meminta jemaah haji Indonesia tetap mengenakan masker selama berada di Tanah Suci.

Aziz menjelaskan, penggunaan masker sangat penting bagi jemaah mengingat cuaca di musim haji tahun ini cukup panas.

“Kalau kita tidak hanya di Madinah, sudah banyak yang tidak masker. Tapi karena cuaca sangat ekstrem lebih baik pakai masker. Supaya terbebas dari debu,” kata Aziz saat saat berbincang santai dengan petugas Media Center Haji di Kantor Daerah Kerja (Daker) Madinah, Saudi, Jumat 3 Juni 2022.

Aziz juga meminta jemaah selalu membawa makanan ringan agar tidak kelaparan. Dubes bahkan memberikan tips untuk jemaah agar tetap tubuh tegap bugar selama melaksanakan serangkaian ibadah.

“Jemaah Indonesia juga bisa membawa gula aren untuk dikonsumsi. Itu penting. Lalu bawa air zam-zam di botol kecil. Itu sangat membantu proses kesegaran tubuh kita dan kesiapan fisik kita. Apalagi kalau pakai masker akan jauh lebih aman,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Aziz mengaku sangat bahagia karena pemerintah Saudi memberikan banyak kemudahan untuk bagi Indonesia terlebih menyambut musim haji 1443H/2022M.

Meskipun ada syarat yang wajib yang harus tetap dipenuhi bagi jemaah seperti kewajiban PCR 72 jam sebelum terbang dan vaksin booster.

“Kita patut berbangga karena Arab Saudi sudah menyiapkan dengan sangat luar biasa. Bagi saya ini mukjizat,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini