Wajib Tahu, Ini 5 Menu Ramadan dari Berbagai Belahan Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di Indonesia, pusa selalu meriah dengan aneka takjil seperti aneka olahan camilan dari kurma. Ternyata, selain Indonesia, berbagai penjuru dunia juga memiliki menu-menu popular yang dinanti saat di bulan Ramadan.

Terdapat 5 negara yang memiliki menu khas yang Ramadan yang perlu diketahui. Pertama, di Libya ada sajian yang bernama al bazin yang selalu ditunggu umat muslim untuk berbuka puasa. Menu ini berisi daging domba olahan dengan tepung jelai, saus tomat dan bumbu rempah.

Untuk menikmatinya, masyarakat muslim Libya umumnya tidak menggunakan sendok dan garpu melainkan menggunakan tangan.

Kedua, masyarakat Tunisia mengolah brik ketika Ramadan. Adapun sajian ini diisi dengan cacahan bawang, daging tuna, parlsey dan bumbu rempah. Kulit pastry dilipat menjadi segitiga dan digoreng hingga kecoklatan. Sementara isi brik umumnya bisa berupa daging sapi, daging ayam atau ikan-ikanan.

Ketiga, yaitu Kibbeh. Makanan ini favorit di bulan Ramadan khususnya di Suriah. Sajian ini berupa cacahan daging sapi atau daging kambing yang dikombinasikan dengan bulgur, kacang pinus dan bumbu rempah-rempah seperti kayu manis.

Keempat, di Algeria ada makanan khas bernama Dashisa atau sup barley. Makanan ini dibuat dari jelai, mie, dan bumbu rempah seperti kunyit, merica dan jahe.

Kelima, yaitu kuliner khasnya yang kental dengan bumbu rempah umumnya menjadi hidangan favorit bagi rakyat Palestina. Namun, dari ratusan hidangan favorit rakyat Palestina, hidangan bernama maqluba atau dikenal dengan nama eggplant menjadu favorit. Hidangan tersebut dinamakan eggplant dish karena sajiannya berbahan utama terong.

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini