Selain Kurma, Buah Kering Ini Bagus untuk Buka Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA , JAKARTA – Buah kurma identik saat berbuka puasa. Kandungan dalam buah kurma bisa mengembalikan energi setelah seharian berpuasa di bulan Ramadan.

Buah kering umumnya mengandung banyak serat dan merupakan sumber antioksidan yang baik, terutama polifenol. Namun karena tinggi gula, buah kering harus tetap dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Selain kurma, ada buah-buahan kering yang juga tak kalah bermanfaat. Buah-buahan kering ini bisa menjadi makanan berbuka atau dicampur dengan takjil lainnya. Kandungan nutrisi dalam buah-buah ini juga tak kalah banyak.

1. Kismis
Kismis merupakan salah satu buah kering yang sangat populer. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan. Kismis dibuat tanpa tambahan gula yang kaya dengan serat, kalium, zat besi dan nutrisi penting lainnya. Kismis bisa jadi variasi buah kering untuk takjil berbuka.

2. Prune
Prune merupakan sebutan dari buah plum kering. Prune sangat bergizi, kaya serat, kalium, beta-karoten (vitamin A) dan vitamin K. Plum kaya akan antioksidan, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Prune terkenal khasiatnya yang dapat mencegah sembelit.

3. Ceri
Buah kering selanjutnya adalah ceri. Buah ceri cukup banyak ditemui dalam bentuk kering. Ceri adalah sumber vitamin A yang sangat melimpah, khususnya pro vitamin A dan varietas yang paling umum adalah beta-karoten.

4. Kelengkeng
Kelengkeng kering sangat baik untuk mengatasi insomnia, menyehatkan jantung, memperkuat limpa, dan meningkatkan produksi darah merah.

5. Buah tin
Buah tin sangat kaya akan tembaga dan vitamin B6. Buah tin atau buah ara termasuk buah yang sering disebut dalam Al-Quran dan hadis. Buah tin kering adalah sumber serat makanan yang sangat baik dan kaya mineral penting seperti kalium, zat besi dan kalsium. Buah tin juga kaya akan antioksidan yang meningkatkan kesehatan dan karbohidrat kompleks.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini