Resep Nastar Klasik Khas Lebaran yang Lumer dan Lembut!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTALebaran sebentar lagi! Udah pada bikin atau membelik kue nastar?

Yup, seperti diketahui berbagai jenis kue kering pasti menjadi suguhan bagi tamu yang datang ke rumah saat lebaran. Kue nastar menjadi kue yang paling sering ditemukan di rumah-rumah.

Lebaran tahun ini terasa sangat berbeda karena COVID-19 sedang mewabah di Indonesia. Meski demikian, Kamu tetap bisa menikmati kue nastar di hari Lebaran nanti.

BACA JUGA: Resep Es Gabus Pelangi, Si Legend yang Segar Buat Buka Puasa!

Yuk buat manfaatkan waktu #dirumahaja untuk membuat kue nastar. Berikut resepnya untuk 450 g:

Bahan:
Margarin untuk olesan

Bahan selai:
750 g nanas kupas
4 butir cengkih
7 cm kayu manis
150 g gula pasir

Bahan adonan kue:
150 g mentega tawar
100 g margarin
75 g gula bubuk
1 kuning telur
¼ sdt vanili bubuk
350 g tepung terigu
50 g keju edam, parut halus

BACA JUGA: Resep Es Teler Spesial Praktis dan Pas untuk Buka Puasa!

Olesan: kocok rata
1 kuning telur
1 sdt susu cair

Cara membuat:

1. Buat selai terlebih dahulu.
Caranya: Parut nanas, masak bersama cengkih dan kayu manis di atas api sedang sambil diaduk hingga cairannya berkurang. Tambahkan gula, masak terus sambil diaduk hingga mengental dan cairannya habis, angkat, dinginkan.

2. Ambil ± ½ sdt selai, bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, sisihkan.

3. Untuk adonan kue, kocok mentega, margarin, dan gula menggunakan mikser berkecepatan sedang hingga tercampur (± 1 menit).

Kurangi kecepatan mikser, tambahkan telur dan vanili, kocok sebentar hingga rata, angkat. Masukkan tepung terigu secara bertahap, tambahkan keju, aduk rata dengan spatula.

4. Panaskan oven pada suhu 130°C. Olesi loyang kue kering dengan margarin. Ambil ± 1 sdt adonan, bentuk bulat seperti kelereng, pipihkan.

5. Taruh 1 bulatan selai di tengahnya, bulatkan kembali adonan hingga selai tertutup. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

6. Taruh bulatan adonan di atas loyang, dan beri jarak 3 cm agar tidak saling menempel. Olesi permukaannya dengan campuran kuning telur.

7. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga kuning kecokelatan (± 25 menit), angkat. Pindahkan kue di atas rak kawat, biarkan hingga dingin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini