Pakar Gizi Sarankan untuk Meminimalisir Konsumsi Gorengan Saat Berbuka Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi sebagian orang, tak afdol rasanya bila berbuka buasa tanpa gorengan. Entah pisang goreng, bala-bala, tahu atau tempe goreng, seolah menjadi menu wajib saat berbuka di bulan puasa Ramadan.

Pakar gizi klinik dari Universitas Hassanusin, dr. Tirta Prawita Sari mengatakan untuk meminimalisir konsumsi gorengan saat berbuka puasa. Ia menyarankan untuk menggunakan metode airfryer, mengukus, memanggang atau membuat sup agar lebih menyehatkan.

“Sebaiknya mengurangi makanan gorengan seminimal mungkin. Tidak ada hal baik dalam gorengan dan tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi gorengan,” kata dr. Tirta, melansir Antara.

Dr. Tirta menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan, khususnya kurma saat berbuka puasa. Menurutnya, tiga buah kurma dan beberapa potong buah-buahan sangat menyehatkan dan menu terbaik

Ia menambahka, kebutuhan zat gizi harian harus terpenuhi pada waktu sahur maupun berbuka. Sebagai catatan, rata-rata setengah dari kebutuhan energy berasal dari karbohidrat, sebanyak 30 persen dari lemak dan 15 persen dari protein.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini