Manfaat Ajarkan Anak Puasa Sejak Dini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi anak-anak yang belum memasuki usia aqil baligh belum diwajibkan puasa. Namun, jika si kecil dilatih sedini mungkin, boleh saja.

Sebaiknya berpuasa harus diajarkan sejak kecil. Apalagi jika kamu memiliki anak usia sekolah dasar, bisa mulai diperkenalkan bahwa puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib.

Selain merupakan kewajiban, ada banyak manfaat dari berpuasa, terutama bagi kesehatan anak baik secara fisik maupun spiritual.

Berikut ini manfaat puasa Ramadan bagi anak:

1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh anak yang sedang berpuasa akan meningkat, sehingga tidak mudah sakit. Hal ini disebabkan karena saat berpuasa, bisa mencegah datangnya stres oksidatif.

Coba ajarkan si kecil untuk berpuasa setengah hari hingga pukul 12.00 siang. Setelah itu bisa bertahap untuk hingga waktu Maghrib.

2. Membuang racun dalam tubuh
Sama halnya dengan hawa nafsu, menahan haus dan lapar di bulan Ramadan akan menghancurkan lemak. Manfaat puasa bagi si kecil dapat membersihkan tubuh dari racun.

Apabila menjaga pola makan seimbang dengan benar selama Ramadan, berpuasa dapat membantu membersihkan kotoran dan sebagai detoksifikasi yang menyehatkan tubuh.

3. Menguatkan mental
Ketika berpuasa, tidak hanya menahan haus dan lapar, tetapi juga diminta untuk menahan amarah, emosi dan hawa nafsu lainnya. Untuk itu, manfaat anak berpuasa bisa melatih agar dia tidak mudah menangis jika keinginannya tidak dipenuhi. Puasa juga untuk melatih kesabaran buah hati.

4. Mengajarkan kedisiplinan
Manfaat puasa Ramadan selanjutnya bagi si kecil dapat melatih kedisiplinan dan kepatuhan. Ketika bulan Ramadan, waktu makan dan minum sudah diatur dengan sebaik-baiknya. Kita melakukan makan sahur dini hari dan berbuka di waktu magrib.

5. Meningkatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa
Puasa Ramadan menjadi momen khusus untuk melatih si kecil menjadi individu yang berbudi luhur. kamu bisa meminta si kecl untuk lebih banyak melakukan salat berjamaah, tarawih dan tilawah Quran, baik di rumah maupun masjid.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peran Strategis Indonesia dalam WWF Ke – 10 Bali

Pertemuan internasional World Water Forum (WWF) ke-10 akan dilaksanakan di Bali pada 18-25 Mei 2024 mendatang. Forum ini menjadi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini