Kemenag akan Sidang Isbat Besok, Muhammadiyah Lebaran 2 Mei 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penetapan 1 Syawal 1443 hijriah masih menunggu sidang isbat pada Minggu 1 Juni 2022. Namun Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Hal ini berdasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

Tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta (=-70° 48′ LS dan = 110° 21 BT) = +04° 50′ 25″ (hilal sudah terwujud) dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam itu bulan berada di atas ufuk.

Berdasarkan hasil hisab tersebut PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal Senin 2 Mei 2022, 1 Dzulhijah Kamis 30 Juni 2022, hari Arafah Jumat 8 Juli 2022, dan Iduladha Sabtu 9 Juli 2022.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Syawal 1443 H pada 1 Mei 2022.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Adib menambahkan Kemenag mengundang organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dan duta besar negara sahabat untuk mengikuti sidang isbat awal Syawal 1443 H.

“Kami juga mengundang Komisi VIII DPR RI, akademisi dari sejumlah universitas, pimpinan pondok pesantren, serta para pakar, dan ahli falak,” terangnya.

Karena masih pandemi, lanjut Adib, sidang isbat awal Syawal 1443 H secara hybrid, melalui daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).

Secara luring, sidang isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Peserta yang mengikuti secara daring bisa  melalui aplikasi Zoom.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini