Jangan Skip! Makan Sahur Bisa Dapat Pahala Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bulan puasa identik dengan banyak amalan sunnah yang bisa menjadi ladang pahala. Salah satunya yang tak boleh terlewat ialah snatap sahur.

Makan sahur biasanya dilakukan sebelum menjalani puasa selama lebih dari 12 jam. Hal ini bertujuan agar tubuh lebih kuat untuk menahan lapar dan haus seharian.

Sayangnya, dari banyaknya manfaat sahur sebelum berpuasa, ada saja yang melewatkan rutinitas ini karena malas dan mengantuk. Padahal, santap sahur di bulan Ramadan juga bisa dapat pahala lho!

Berikut Hadist-nya:

“Siapa yang ingin berpuasa hendak makan sahur dengan sesuatu.” (HR. Ahmad dan Dishahihkan Syaikh Al-Albani di Silsilah Shahihah, no. 2309).

Adapun keberkahan makan sahur antara lain sebagai berikut.

1. Makan sahur artinya mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Jika seseorang meniatkan makan sahur untuk menjalankan sunnah Nabi dan mengikuti cara beliau berpuasa maka makan sahurnya menjadi ibadah.
2.Makan sahur bertepatan dengan waktu mustajab untuk berdoa. Sehingga dengan bangun sahur, manusia memiliki banyak kesempatan untuk berdoa, berdzikir kepada Allah dan berkesempatan meraih pahala dengan berbagai ibadah tersebut.
3.Makan sahur berarti menyalahi kebiasaan Ahlul Kitab. Seorang muslim tertuntut untuk bersikap demikian, yakni menjauhi tradisi dan kebiasaan mereka. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Perbedaan puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” (HR. Al-Nasa’i)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini