Ini Dia 4 Tips Kurangi Rasa Lapar saat Berpuasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Umat Muslim seluruh dunia kini tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Minggu-minggu pertama pasti sulit untuk menahan hawa nafsu, terutama rasa lapar dan haus.

Hal tersebut membutuhkan proses adaptasi yang mana biasanya kita sering makan di siang hari.

Nah, berikut tips agar mengurangi rasa lapar ketika kita tengah menjalankan ibadah puasa. Simak ulasannya di bawah ini!

  1. Pembagian porsi makan

Sebagian orang yang berpuasa biasanya merasa kurang bertenaga atau mungkin daya tahan tubuhnya turun karena kurang asupan makan. Maka disarankan untuk mengonsumsi sekitar 40 persen dari total kalori per hari pada saat sahur.


Melalui makan besar sebanyak 30 persen. Ditambah dengan asupan camilan sembari menunggu waktu imsak sekitar 10 persen dan minum air mineral sebanyak dua gelas.

Sedangkan untuk buka puasa, kalian bisa menyantap makanan lebih banyak atau sekitar 60 persen porsi makan. Berbukalah dengan yang manis sekitar 15 persen.

  • Makan dan minum yang mengandung karbohidrat

Disarankan ketika sahur untuk tidak meminum teh. Lebih baik minum susu atau air mineral lebih banyak.

Selain itu, asupan makanannya juga harus yang mengandung sumber karbohidrat seperti nasi, oat, kentang, bihun. Sedangkan lauknya harus mengandung protein seperti ikan, ayam, telur, tahu, dan tempe.

Perlu dicatat juga untuk menggunakan sedikit minyak untuk menimbulkan rasa enak pada makanan. Sebaiknya juga kalian memakan sayur dan buah dengan tinggi serat untuk menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

  • Hindari konsumsi mi instan saat sahur

Pasti ada di antara kalian yang makan mi instan saat sahur dan beranggapan makanan itu sama saja seperti dengan mengonsumsi makanan lain.

Eits, jangan salah, nyatanya mi instan merupakan makanan yang memiliki karbohidrat yang sedikit. Makanya, kita merasa kenyang walau hanya sesaat.

Melansir dari Everyday Health, karbohidrat ini sering kali disebut sebagai ‘karbohidrat yang buruk’. Karena mi instan pada dasarnya adalah gula.


Walau tetap memberikan sumber energi, tapi proses peleburan karbohidratnya cukup singkat. Tak ada kandungan serat atau zat lainnya dalam mi instan sehingga kita perlu mengindari konsumsi mi instan agar tak mudah lapar.

  • Cari kesibukan yang produktif

Saat berpuasa kita pasti rentan merasakan bosan dan timbullah rasa lapar karena kita berfokuskan menahan nafsu. Maka untuk mengisi waktu luang, kalian cobalah cari kesibukan yang produktif seperti membersihkan rumah, membaca buku, jalan-jalan, atau kegiatan lainnya.

Aktivitas tersebut dapat mengalihkan perhatian kita pada rasa lapar. Sehingga kalian bisa berpuasa dengan maksimal tanpa ada kendala.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini