Doa Hari Ke-1 Ramadan Lengkap dengan Artinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Alhamdulillah. Ramadan 1442 Hijriah telah tiba. Umat Islam di seluruh dunia, khususnya di Indonesia menyambut bulan suci ini tentunya dengan suka cita.

Namun, karena di Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19, alangkah baiknya umat Islam berdoa untuk memohon keselamatan dan keberkahan di bulan Ramadan ini.

Pada bulan Ramadan, setiap perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya, sehingga umat muslim akan berbondong-bondong melakukan amalan wajib hingga sunnah seperti, membayar zakat, salat Tarawih, tadarus Alquran, bersedekah dan lain sebagainya.

Maka wajar kehadiran Ramadan sangat dinantikan umat muslim dan akan diberikan pahala bahkan dijauhkan dari api neraka bagi mereka yang menyambut kedatangan bulan Ramadan dengan penuh suka cita.

Berikut, doa hari pertama di bulan Ramadan

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī. Artinya:

“Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadan.”

Dalam salah satu hadis, dijelaskan bahwa doa orang yang puasa berpeluang sangat besar untuk bisa dikabulkan. Oleh karena itu, selagi sedang menjalankan ibadah puasa, doa termasuk salah satu cara untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bunyi hadis riwayat Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah tersebut ialah sebagai berikut ini:

“Ada 3 (tiga) orang yang doanya tidak akan ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang teraniaya (terdzalimi), Allah akan angkat di atas awan pada hari kiamat.”

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini