Coba Gaes! Ini Tips Jitu Menabung untuk Dana Buka Bersama

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan tiba! Pasti mulai banyak ajakan dan tawaran untuk bukber atau buka bersama mulai dari keluarga besar, teman sekolah, teman kuliah, hingga rekan kerja. Dengan dalih ingin mempererat silaturahmi, banyak orang yang tidak tega untuk menolak ajakan ini.

Namun, jika ajakan ini diikuti semua, dompetmu yang akan merintih nantinya. Jangan salah, budgeting untuk bukber pun akan semakin besar.

Untuk itu, ada baiknya kamu mulai mengatur keuangan dan menabung untuk dana bukber bareng rekan-rekan.

Berikut adalah tips jitu dalam menyiapkan dana untuk bukber dengan teman-teman yang dikutip dari video di kanal Youtube Finansialku.com.

  1. Tentukan Anggaran 

Buatlah anggaran pengeluaran untuk acara bukber salam bulan Ramadhan. Buatlah daftar kemungkinan berapa kali kamu akan bukber dengan budget maksimal yang harus kamu keluarkan.

Misal akan ada 10 jadwal bukber, dengan maksimal pengeluaran per acara adalah Rp50.000, maka kamu harus menganggarkan dana sebesar Rp500.000 untuk acara buka puasa bersama selama bulan puasa.

Ingat, jangan terlalu memaksakan untuk mengikuti semua acara bukber yang mengundangmu jika dirasa anggaranmu tidak mencukupi. Ingatlah masih ada keperluan lain yang harus kamu penuhi selain menghadiri acara bukber.

  1. Buatlah Catatan Pengeluaran Bukber

Catatan keuangan ini juga penting untuk dibuat. Hal ini untuk mencatat semua pengeluaran danamu yang kamu gunakan untuk acara bukber tersebut agar tetap on track. Dengan adanya catatan keuangan, akan lebih mudah untuk mengontrol pengeluaranmu.

  1. Manfaatkan Promo dan Diskon

Ini hal yang tidak kalah penting. Kamu harus tahu bahwa promo atau potongan harga itu dapat membantumu menghemat pengeluaran, loh! Lebih baik cari restoran yang menyediakan promo bundle package untuk bukber ramai-ramai. Namun ingat, jangan sampai melebihi budget yang sudah kamu tentukan.

  1. Botram/Ngaliwet

Istilah mengenai botram atau ngaliwet ini populer di kalangan orang Sunda. Botram adalah istilah dalam sunda yang artinya tradisi makan bersama. Biasanya dilakukan di rumah. Botram ini bisa menghemat budget dan suasana keakrabannya lebih kuat.

Nah, biar makin irit budget, tradisi ini bisa jadi ide menarik buat kamu yang ingin lebih hemat saat buka bersama.

Itulah beberapa tips jitu dalam menyiapkan dana untuk berbagai acara buka bersama yang akan banyak diadakan saat bulan puasa. Kuncinya adalah: jangan kalap dan keep on budget!

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

UU Cipta Kerja Bermanfaat Menggerakan Perekonomian Nasional

Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) telah memberikan manfaat dan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian nasional. UU...
- Advertisement -

Baca berita yang ini