Buka Puasa dengan Makanan Meksiko, Apa saja?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Suka pedas? cobain yuk makanan Meksiko saat buka puasa nanti. Cita rasa yang makanan asal Amerika ini memiliki kesamaan dengan Indonesia yang kaya rempah dan pedas, sehingga mudah di terima oleh lidah.

Kebanyakan makanan Meksiko berasal dari tradisi pribumi Meksiko Aztek dan Maya. Tradisi ini kemudian berpadu dengan masakan Kolonis Spanyol saat wilayah ini dijajah negeri matador.  Salah satunya Tortilla Goreng yang dibalur saus keju panas. Di Indonesia sering kita sebut Nacho atau Nachos.

Nah selain Nachos, makanan apa lagi dari Meksiko yang bisa kita santap?

  1. Tacos

Tacos adalah salah satu makanan Meksiko yang terkenal di dunia. Makanan yang satu ini terbuat dari roti tortilla dengan lipatan di tengahnya. Tortilla bisa dibuat dari tepung jagung dan tepung terigu yang berbentuk pipih. Tacos biasanya tersaji dengan isian daging cincang, sayuran, alpukat, dan saus alpukat atau guacamole. Kulit tacos biasanya dipanggang terlebih dahulu hingga teksturnya kering.

  1. Burrito

Makanan yang mirip kebab ini, juga sangat populer di Indonesia. Makanan yang satu ini terbuat dari tortilla yang ada isiannya dan kemudian digulung. Isian untuk burritos ini bisa kacang-kacangan, sayuran, daging cincang, dan bisa juga nasi tumis hingga saus alpukat atau guacamole. Burrito bukan makanan tradisional  Meksiko. Namun adaptasi dari makanan tradisional bernama Quesadilla. Para pekerja Meksiko di Amerika Serikat kemudian melakukan kreasi atas makanan ini.

  1. Enchiladas

Enchiladas adalah salah satu makanan khas Meksiko yang terbuat dari tortilla. Namun kemudian makanan ini menjalani proses gulungan mirip dengan burrito. Berbeda dengan tacostortilla untuk enchilada terbuat dari isian daging, sayuran, keju, ataupun seafood. Enchilada supaya lezat biasanya ada siraman saus cabai dan kombinasi saus lainnya. Makanan ini menjadi lebih menggugah selera karena saus enchilada yang tersiram di atasnya.

  1. Quesandilla

Chicken Quesadilla adalah makanan khas dari Meksiko yang terbuat dari tortilla atau roti pipih berbentuk segitiga. Lagi-lagi dengan berbagai isian berupa daging ayam, keju mozzarella, dan selada. Quesadilla biasanya tersaji berdampingan dengan sour cream dan juga tomato salsa. Makanan yang berasal dari kata Queso (Bahasa Spanyol) ini mempunyai makna ‘keju’. Karena kenikmatannya, Quesadilla populer sejak jaman kolonial Meksiko dan bertahan hingga kini.

  1. Guacamole

Guacamole adalah makanan khas Meksiko yang lumayan terkenal di Indonesia. Terbuat dari saus alpukat yang terolah menjadi rempah – rempah. Saus ini berasal dari suku Aztec di Meksiko Utara. Rasanya sangat creamy dan enak.

  1. Tamales

Makanan Meksiko yang satu ini mirip dengan salah satu makanan Indonesia, yaitu lepet jagung. Tamales adalah makanan Meksiko yang berbahan dasar tepung jagung dengan bungkus daun. Berbeda dengan lepet jagung, tamales biasanya berisi daging, keju, cabai, kacang-kacangan. Daun untuk membungkus tamales adalah kulit jagung atau daun pisang.

  1. Churros

Churros adalah salah satu makanan Meksiko yang paling populer. Makanan yang satu ini terbuat dari adonan tepung, mentega, gula, dan susu. Proses pembuatan churros ini mirip dengan kue sus atau choux pastry hanya saja adonan melalui proses pengorengan. Setelah itu, churros tersaji dengan taburan kayu manis dan gula ataupun dengan saus coklat.

Reporter : Adinda Catelina Fadjrin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini