Bismillah! Ini Sederet Surat yang Bisa Dibaca di Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di bulan suci Ramadan, umat Islam berlomba-lomba mencari pahala dan keberkahan. Banyak ibadah sunah yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dilakukan di bulan puasa.

Salah satunya ialah tadarus. Melakukan tadarus atau membaca Al-Quran di bulan Ramadan tentu bisa menambah keberkahan dan menyempurnakan ibadah puasa.

Allah SWT pun berfirman: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah: 185).

Membaca semua surat di Al-Quran tentu baik dan mendatangkan pahala. Namun, ada beberapa surat yang dianjurkan untuk dibaca di bulan Ramadan. Apa saja? Yuk simak!

1. Surat Yunus Ayat 58

Dalam ayat ini dapat dipahami bahwa umat Islam harus bersyukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah. Nikmat ini adalah rezeki yang terbaik dan umat muslim harus selalu bersyukur atas nasib, takdir, serta kenikmatan yang diterima masing-masing orang.

Qul bifadlillaahi wa birahmatihii fa bizaalika falyafrahu, huwa khairum mimmaa yajma’un.”

Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”

2. Surat Al-Qadr

Selanjutnya surat Al-Qadr. Surat ini cocok dibaca menjelang malam Lailatul Qadr yang dikenal memberikan banyak berkah bagi orang-orang yang menjalankan ibadah pada malam tersebut. Bahkan, mereka akan mendapat pahala yang lebih baik dibanding seribu bulan.

3. Surat Al-Baqarah

Kemudian ialah surat Al-Baqarah. Surat ini digunakan untuk meminta perlindungan dari Allah.

Selain itu, dalam surat ini umat muslim dapat meminta supaya tidak diberi cobaan yang lebih berat dari kemampuan mereka. Dianjurkan pula untuk membaca surat Al-Baqarah ayat 286.

4. Surat Ali Imran

Satu lagi surat yang dianjurkan dibaca saat bulan Ramadan ialah Ali Imran. Surat ini berisi permohonan untuk diberi perlindungan oleh Allah.

Selain itu, surat ini juga berfungsi untuk meminta ampunan dari Allah atas segala dosa yang telah diperbuat dan diarahkan ke jalan yang lurus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini