Begini Kalau Terpaksa Buka Puasa di Jalan Saat Pulang Kantor

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa perusahaan milik non muslim biasanya memanjakan para pegawainya dengan cara mentraktir buka puasa di kantor. Sebaliknya dengan alasan efisiensi dan dalam proses pemulihan dari Covid-19, beberapa pengusaha dari kalangan muslim justru menetapkan aturan ketat, satu jam sebelum buka segera pulang ke rumah masing-masing dan kantor mau tutup.

Nah, bagaimana situasi seperti itu terjadi sama kita? bagaimana kalau terjebak saat perjalanan pulang ke rumah ternyata azan Maghrib sudah berkumandang?

Kamu tak perlu cemas. Berikut tips apabila kamu terpaksa harus buka puasa di jalan :

  1. Siapkan makanan dan minuman ringan

Yang pertama harus kamu siapkan yaitu makanan dan minuman ringan di dalam tas. Mengingat kepadatan jalan saat menjelang buka puasa tentu sangat ramai.

Makanan dan minuman yang perlu kamu bawa pun tak perlu berat. Sebotol air mineral dan beberapa buah kurma juga sudah cukup untuk membatalkan puasa. Langkah ini setidaknya membantu tubuh mengembalikan energi yang hilang sebelum kamu melanjutkan makan besar di rumah.

  1. Mampir ke Mushola atau Masjid terdekat

Tak usah memaki atasan Anda yang pelit karena tidak menyediakan buka puasa di kantor. Datanglah ke masjid atau mushala dimanapun. Insya Allah masih banyak umat muslim selain atasan Anda yang pelit yang masih mau menyediakan makanan dan minuman untuk buka

Di Jakarta, biasanya selama bulan Ramadan, pengurus masjid akan menyediakan takjil gratis untuk para warga sekitar dan juga orang umum yang datang. Tak hanya itu, selain mendapatkan takjil secara gratis, kamu juga dapat beribadah bersama dengan pengunjung lainnya. Gejolak emosi dijamin akan segera menguap.

  1. Ambil jalur alternatif saat di Jalan

Kalau Anda benar-benar ingin buka di rumah bersama keluarga, segera kenali jalan alternatif menuju pulang ke rumah. Gunakan kendaraan roda dua atau naik ojek online. Waktunya akan lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan umum atau membawa kendaraan roda empat.

  1. Kontrol emosi 

Emosi meninggi apabila melihat jalanan semrawut dan kemacetan mengular kemana-mana. Apalagi tekanan pekerjaan yang cukup berat, maka emosi akan sangat memengaruhi Anda yang sedang berpuasa dan tengah menunggu waktu buka.

Biasakan berdzikir sepanjang jalan. Atau mendengarkan ceramah dari berbagai aplikasi yang ada. Atau, gunakan earphone Anda, buka aplikasi pengajian, dengarkan suara merdu yang melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an. Insya Allah ampuh.

Reporter : Adinda Catelina Fadjrin

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini