Wow, Buat Bersihkan Citarum Ridwan Kamil Gelontorkan Dana Rp 1,4 Triliun

Baca Juga

MINEWS.ID, BANDUNG – Dana Rp 1,4 triliun digelontorkan untuk membersihkan Sungai Citarum dari sampah dan polusi yang super akut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil uang itu akan diberikan kepada delapan Kabupaten/Kota di wilayah DAS Citarum.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sudah memetakan masalah sampah sungai Citarum sehingga penanganannya akan sesuai dengan volume sampah yang mengarus ke sungai Citarum.

Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, menyebutkan penduduk Metro Bandung merupakan penyumbang terbanyak sampah di sungai tersebut.

Kawasan itu terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi.

Sedangkan, 20 persennya berasal dari penduduk Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi.

Maka kawasan Metro Bandung akan mendapat dana bantuan terbesar yaitu sekitar Rp 300 miliar untuk membersihkan sampah Citarum tersebut.

Sementara kabupaten atau kota lainnya dibantu antara Rp 50 miliar hingga Rp 200 miliar.

Dana sebanyak itu boleh digunakan membeli truk sampah yang canggih atau membuat biodigester raksasa.

Menurut Emil, kunci penyelesaian sampai Citarum adalah pencegahan sampah sejak dari rumah. Sebab, anggaran itu akan lebih banyak digunakan untuk pencegahan sampah habis di tempat, pendirian bank sampah di tingkat Kecamatan.

Sementara 15 persen atau sekisar Rp 200 miliar dana itu akan digunakan untuk mengkaji hal non-fisik, seperti kebijakan, edukasi, seminar, dan pelatihan.

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini