Waspada! Varian Delta dari India Sudah Menyebar ke Karawang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Virus corona varian Delta asal India penyebarannya sudah sampai ke Karawang, Jawa Barat. Hal itu berdasarkan hasil indentifikasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Tim riset LIPI telah berhasil mengidentifikasi 44 sampel mengandung virus SARS-CoV-2 varian Delta dari sampel kasus Covid-19 yang berasal dari Karawang.

“Sementara ini kami baru mengidentifikasi sebanyak 61 sampel dan sisanya masih dalam proses sequencing dan diharapkan akan selesai dalam beberapa minggu ke depan,” kata peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Anik Budhi Dharmayanthi, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa 22 Juni 2021.

Total sampel klinis pasien COVID-19 dari Karawang yang diterima tim riset WGS LIPI dari Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI hingga sekarang ini berjumlah 104 sampel. Sebanyak 61 sampel telah berhasil diidentifikasi sampai 21 Juni 2021 dan 44 di antaranya merupakan varian Delta.

Dari hasil identifikasi sejauh ini, tim riset LIPI menemukan dua jenis variant of concern (VOC) yang berhasil diidentifikasi, yaitu B.1617.2 atau varian Delta sebanyak 44 sampel dan B.1.1.7 atau variant Alpha sebanyak 3 sampel.

Hasil itu sudah dimasukkan dalam data global yang dikelola GISAID (Global initiative on sharing all influenza data).

Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Anggia Prasetyoputri mengatakan, identifikasi varian Delta itu menjadi yang pertama ditemukan di Jawa Barat. Namun hal itu tidak serta-merta mengimplikasikan bahwa varian ini baru saja muncul di daerah itu.

“Proporsi kemunculan varian Delta memang cukup besar dari sampel-sampel yang sudah dianalisa genomnya, yaitu sekitar 72 persen dari 61 sampel. Namun, perlu hati-hati juga menginterpretasikan karena belum tentu sebanyak itu pula proporsi di lapangan terkait varian yang beredar,” ujarnya.

Dia menuturkan diperlukan pemantauan terhadap pasien, penelusuran kontak, dan investigasi kasus lebih mendalam.

Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Sugiyono Saputra, yang juga merupakan Ketua Tim Riset Whole Genome Sequencing (WGS) LIPI menuturkan saat ini ada empat variant of concern (VOC), yaitu Alpha (B.1.1.7), Beta (B.1.351), Gamma (P.1) dan yang terbaru adalah Delta (B.1.617.2).

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana mengatakan 21 warga Karawang yang telah diketahui terinfeksi virus corona varian Delta tersebar di beberapa kecamatan, di antaranya Kutawaluya, Telukjambe Timur, Cikampek, Kota Baru, Telagasari dan Cilamaya Wetan. “Jadi bukan klaster di satu titik. Tapi sudah tersebar,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini