Waspada, KST Papua Manfaatkan Hutan untuk Melarikan Diri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Personil gabungan TNI-Polri mengamankan salah seorang anggota kelompok separatis dan teroris (KST) Papua yaitu Adi Rawai di Kampung Tua, tepatnya di atas Gunung Impura Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo, Yapen, Papua pada Kamis 9 Desember 2021.

Penangkapan Adi Rawai berawal dari adanya kontak tembak antara KST Papua dengan TNI-Polri. Saat itu personil TNI tengah menggelar patroli rutin dan menerima tembakan sebanyak dua kali dari KST Papua.

Kontak tembak ini ternyata membuat KST Papua melarikan diri ke hutan dan bersembunyi di puncak gunung. Namun selain akhirnya berhasil mengamankan satu pelaku bernama Adi Rawai, aparat keamanan menemukan pondok di atas Gunung Impura, Kampung Ambaidiru.

 “TNI terutama pasukan yang sudah terlatih dalam peperangan hutan tidak perlu diragukan kemampuannya. Namun kasus di Papua tidak semata hanya kemampuan teknis tetapi banyak faktor termasuk pertimbangan agar masyarakat tidak menjadi korban yang sering kali dijadikan tameng hidup oleh KST Papua,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Sabtu 29 Januari 2022

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Mustofa Kamal menyebut sudah menyita sejumlah barang bukti mulai dari gergaji hingga parang. Selain itu ada juga senjata rakitan dan bendera bintang kejora berukuran kecil.

Pihaknya pun telah melakukan pendekatan persuasif terhadap masyarakat simpatisan kelompo tersebut sehingga tidak lagi terhasut oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Dalam kontak tembak tersebut tidak terdapat korban jiwa. Personil gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya yang diketahui berinisial HM,PM dan YR,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini