Waspada, Kemendagri Sebut Upaya Pecah Belah Bangsa Bakal Terjadi Tahun Depan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemilihan kepala daerah terbanyak bakal berlangsung tahun depan. Tercatat ada 270 daerah yang melakukannya sehingga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan terhadap produksi konflik yang membelah masyarakat sehingga mengancam persatuan bangsa.

“Hati-hati dengan produksi konflik yang ditimbulkan media sosial yang terdiri dari hoax dan sejenisnya, terutama mendekati hari pelaksanaannya sehingga membuat suasana menjadi panas,” kata Pelaksana Tugas Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Bahtiar, di Jakarta, Minggu 15 Desember 2019.

Dia menganjurkan melawan kampanye hitam yang berpotensi memecah belah masyarakat dengan membuat kampanye positif.

Bahtiar memperkirakan politik identitas, politisasi SARA masih akan menjadi ancaman pada Pilkada tahun 2020 itu.

Ancaman dan potensi itu kata dia perlu menjadi perhatian bersama agar bisa diantisipasi seluruh komponen bangsa, terutama bagi daerah yang akan menggelar pesta demokrasi.

Tidak bisa diserahkan kepada masing-masing instansi. Semua, baik pemerintah, penyelenggaran pemilihan umum, peserta maupun masyarakat harus bersatu melawan ancaman tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini