Waspada, Dukungan Terhadap KSTP Harus Diantisipasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dukungan terhadap Kelompok Separatis dan Teroris Papua (KSTP) harus diwaspadai karena bisa memengaruhi kekuatan kelompok tersebut. Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta mengatakan bahwa potensi adanya dukungan terhadap KSTP cukup besar.

“Potensi ada pihak yang mendukung kelompok KKB memang sangat besar,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Rabu 19 Mei 2021.

Beberapa insiden sudah pernah terjadi yang menujukkan adanya dukungan terhadap KSTP. Seperti penangkapan terhadap tokoh agama yang diduga memasok senjata api ke kelompok tersebut pada 18 April 2021 lalu. Kemudian, ada dua oknum anggota kepolisian dan TNI yang menjual senjata secara ilegal kepada kelompok tersebut.

Maka, Stanislaus meminta supaya oknum yang memberikan dukungan terhadap KSTP khususnya dalam bentuk amunisi dan persenjataan diusut hingga tuntas.

“Untuk itu perlu penyelidikan yang mendalam untuk mengungkap hal tersebut,” kata Stanislaus.

Adapun, hingga saat ini aparat keamanan yang terdiri dari TNI dan Polri sudah menggerebek sebuah rumah adat Papua atau biasa disebut honai di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua pada 15 Mei 2021.

Dari penggerebekan itu, aparat berhasil mengamankan sejumlah barang seperti senapan angina, amunisi caliber 5,56, empat buah handphone, 30 anak panah serta beberapa dokumen tentang Organisasi Papua Merdeka (OPM).

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini