Warga Jakarta Hasilkan 1.231 Limbah Masker Selama Pandemi Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid19 telah menghasilkan 1.231 kilogram limbah masker sekali pakai dari rumah tangga sejak April 2020 sehingga perlu penanganan khusus.

“Ini dilakukan agar limbah infeksius bisa ditangani dengan baik dan menghindari potensi penularan Covid19,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syarifudin di Jakarta, Selasa 15 Desember 2020.

Sementara, Kepala Seksi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rosa Ambarsari mengatakan ada petugas khusus oleh pemilahan sampah-sampah infeksius dari rumah tangga.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga telah bekerjasama dengan pengolah limbah B3 berizin untuk pemusnahan limbah-limbah infeksius itu seperti masker sekali pakai.

Pemusnahannya melalui insinerasi. Itu adalah teknologi pengolahan sampah melalui pembakaran menggunakan bahan organik.

Rosa juga mengharapkan agar masyarakat, khususnya ibu rumah tangga untuk sadar memilah sampah terutama pada masa pandemi ini.

Kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk mulai menyadari bahwa memilah sampah medis rumah tangga adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Setelah dipilih, sampah itu disemprot disinfektan dan dikemas khusus untuk dibuang ke tempat selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Sukses Selenggarakan PON XXI Dibawah Arahan Presiden Jokowi

Oleh: Laras Indah Sari )* Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara ditutup pada 20 September 2024.  Dalam hal ini,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini