Warga Berusia 104 Tahun, Lansia Tertua Vaksinasi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, BOGOR  – Lagi, warga lansia tertua berusia diatas 100 tahun jadi peserta vaksinasi Covid-19. 

Wirjawan Hardjamulia, warga asal Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, usianya 104 tahun. Ia terlihat bersemangat mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk para lansia yang berlangsung di Rumah Sakit Vania, Selasa 23 Maret 2021.

Kondisi kesehatan Wirjawan sehat meskipun fisiknya harus dibantu dengan menggunakan tongkat dari besi untuk membantunya berjalan.

Hasil screening awal sebelum menerima vaksin, tensi Wirjawan berada di angka 160/100 dan suhu tubuh 36,8 derajat.

Berbekal nomor antrean 19, Wirjawan dipersilakan tim medis untuk disuntik vaksin. Raut wajahnya tenang saat jarum suntik menembus kulitnya yang sudah menua.

Wirjawan datang ke RS Vania ditemani anak ketiganya yang bernama Indri (72).

Awalnya, Indri bersama saudara-saudara lainnya sempat ragu dengan kondisi ayahnya yang sudah berumur.

Indri menuturkan, saat ayahnya mendapat kesempatan untuk vaksinasi, ia berpikir hal tersebut tidak perlu karena melihat usianya yang sudah sangat tua.” Kami sempat ragu. Kalau dari pribadi ayah kami sih, dia siap-siap saja. Nggak takut dan ragu, apalagi kesehatannya masih cukup bugar,” kata Indri.

Pihak keluarga akhirnya mengantar dan mendampingi ayahnya untuk mendapat vaksin supaya tetap sehat di usianya yang sudah lanjut ini.

Kepada media, Indri mengaku resep sehat dan bugar ayahnya di usia lanjut ini sederhana. ”Berfikir positif, makan teratur, rajin bergerak dan paling utama beribadah kepada Tuhan. Ayah saya sangat disiplin dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, mulai dari olahraga, makan, istirahat, ibadah ke gereja,” katanya. .

Humas dan Marketing RS Vania, Dede Nurhasan Suryadi, memperkirakan, Wirjawan menjadi lansia tertua di Indonesia yang mengikuti vaksinasi.

Saat ini lansia tertua di Indonesia yang divaksinasi berusia 100 tahun.

Dede berharap, hal ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat, terutama para lansia, agar terus semangat.

Sejauh ini vaksinasi untuk lansia secara serentak sudah dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Pemerintah menargetkan semua lansia yang memang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin bisa selesai hingga pertengahan tahun ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini