Wamena Sudah Aman, TNI AU Siap Kembalikan Pengungsi dari Jayapura dan Sekitarnya

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Kota Wamena sudah aman, Komandan Pangkalan TNI-AU Silas Papare Jayapura Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso siap mengembalikan para pengungsi di ibukota Papua tersebut.

Pengungsi terbanyak memang diangkut ke Jayapura namun ada juga yang diterbangkan ke Merauke dan Timika.

“TNI AU siap mengerahkan hercules untuk mengangkut kembali pengungsi yang ingin kembali ke Wamena mengingat keamanan di kawasan itu mulai kondusif. Namun hingga kini belum ada yang mendaftar dan menyatakan ingin kembali,” Tri Bowo, Senin 7 Oktober 2019.

Seperti dilansir antara, Tri mengatakan jumlah pengungsi yang diangkut hercules TNI-AU keluar dari Wamena lebih dari 10.000 orang dan yang terbanyak diterbangkan ke Sentani.

Saat ini, hercules yang ada tidak lagi mengangkut pengungsi karena digunakan untuk mendukung kunjungan Panglima TNI di Papua.

Unjuk rasa sadis-anarkis di Wamena pada 23 September 2019 menyebabkan 32 orang meninggal dunia, sebagian besar para pendatang. Selain itu dari 1.000 bangunan serta kendaraan dibakar serta dirusak.

Peristiwa kerusuhan di Wamena telah memicu ketakutan ribuan orang pendatang sehingga keluar dari kota itu untuk mencari daerah yang aman atau kembali ke kampung halaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini