Waduh, Jakarta Jadi Kota Paling Berpolusi di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Peringatan bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Keluar rumah waji gunakan masker. Hal ini karena kualitas udara Jakarta buruk dan tingkat polusinya tinggi.

Lembaga data kualitas udara IQ Air menempatkan DKI Jakarta sebagai peringkat pertama dari sepuluh besar kota paling berpolusi di Indonesia. Indeks kualitas udara di DKI Jakarta di angka 180 pada Senin, 18 Juli 2022.

Peringkat udara Jakarta lebih buruk dari sejumlah daerah lain di Indonesia. Seperti Surabaya, Jawa Timur, berada di posisi dua dengan indeks kualitas udara 159 dan Bekasi, Jawa Barat, di posisi empat dengan indeks kualitas udara 129. Data berdasarkan pantauan pukul 07.45 WIB.

”Kualitas udara Ibu Kota masuk kategori tidak sehat karena saat ini konsentrasi Particulate Matter (PM) 2.5 berada pada angka 111.5 mikrogram per meter kubik atau 22,3 kali di atas nilai pedoman kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO),” sebut laman resmi IQ Air, Senin, 18 Juli 2022.

Pos pemantauan di Pesing, Jakarta Barat, menunjukkan IQ Air berada pada kategori berbahaya. Yakni indeks kualitas udara 348 dengan konsentrasi PM2.5 berada pada angka 298 mikrogram per meter kubik.

Kemudian di Wisma Matahari Power, pos pemantauan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, IQ Air memperlihatkan kualitas udara pada kategori sangat tidak sehat. Data menunjukkan indeks kualitas udara 218 dengan konsentrasi PM2.5 berada pada angka 168 mikrogram per meter kubik.

Sedangkan pos pemantauan di Jakarta Utara, seperti Jalan Puri Jimbaran 2 dan Jalan Pasir Putih II di Ancol Pademangan, dan Pantai Mutiara di Pluit, Penjaringan, berada pada kategori tidak sehat. Indeks kualitas udara masing-masing yakni antara 188 di Pantai Mutiara hingga 196 di Jimbaran 2.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Perjuangan Rakyat Gelar Aksi Demo Peringati Hari Buruh di Kota Kupang

Minews.id, Kupang - Dalam rangka memperingati hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei 2024, Aliansi Perjuangan Rakyat (Aparat)...
- Advertisement -

Baca berita yang ini