Vaksinasi Booster Diprediksi Mampu Tekan Lonjakan Covid-19 Pasca Musim Mudik Lebaran 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksinasi booster diprediksi berkontribusi besar menekan lonjakan kasus covid-19 di Indonesia pasca mudik Lebaran 2022.

“Karena tingkat imunitas penduduk yang tinggi,” ujar epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono melalui pesannya, Jumat 13 Mei 2022.

Menurut Pandu, kurva grafik perkembangan kasus covid-19 di Indonesia menunjukkan kasus hariannya terus turun hingga dua minggu musim mudik saat ini.

Tren itu tampaknya akan terus berlanjut karena hingga kini belum tercatat tanda-tanda tren kasus harian akan naik signifikan.

Hal tersebut berbeda dengan kondisi di Afrika Selatan yang mulai menunjukkan kenaikan jumlah kasus harian pada 3 Mei 2022.

Diduga kenaikan tersebut akibat dominasi varian Omicron, BA.4 dan BA.5 karena relatif rendahnya cakupan vaksinasi.

Diperkirakan saat ini baru 50 persen penduduk yang sudah mendapat vaksin Covid-19.

Sementara Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan Indonesia sudah menyuntikkan lebih dari 400 juta dosis vaksin Covid-19.

Rinciannya, lebih dari 96 persen penduduk sudah mendapat vaksin dosis pertama, 80 persen dosis kedua dan lebih dari 20 persen mendapat booster atau vaksin dosis ketiga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Aparat Keamanan dalam Mewujudkan Pilkada Kondusif

Dalam upaya menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang kondusif dan aman, peran aparat keamanan sangatlah vital. Dengan sinergi yang...
- Advertisement -

Baca berita yang ini