Undang Panglima TNI ke Peluncuran KFX/IFX, Indonesia Masih Berpeluang?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rencana pembuatan pesawat tempur bersama Korea Selatan (Korsel) tampaknya masih berpeliang dilanjutkan karena Minister of Defence Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan GANG Eun-Ho mengundang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri peluncuran Korean Fighter Xperiment (KFX) dan Indonesia Fighter Xperiment (IFX).

Pesawat tempur itu merupakan hasil kerja sama Pemerintah Korsel dan Indonesia. Pada April tersebut akan diluncurkan prototipenya.

Peristiwa itu diunggah dalam laman Pusat Penerangan TNI dan menggambarkan Gang Eun-Ho menyerahkan surat undangan menghadiri pelucuran tersebut.

Jet tempur KFX/IFX yang dikembangkan kedua negara tersebut merupakan generasi 4,5 yang tidak akan sulit jika dikembangkan menjadi generasi 5.

Dalam proyek itu Indonesia berpartisipasi dengan menanggung 20 persen biaya pengembangan sebesar 1,7 triliun won atau setara Rp 21 triliun. Nilai total proyek itu Rp 109 triliun.

Sebelumnya Indonesia dikabarkan sempat berhenti dari kerjasama tersebut karena beberapa kali tidak membayarkan bagiannya untuk proyek itu.

Namun, belakangan dikabarkan Indonesia bisa mendapatkan prototipenya yang bisa diproduksi massal di PT Dirgantara Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini