Tujuan Penanganan Covid-19 Bukan Capai Endemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tujuan penanganan Covid-19 bukan membuatnya mencapai status endemi, tetapi kondisi yang terkendali.

Hal tersebut diungkapkan pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dr. Tonang Dwi Ardyanto, melalui pesan yang dilihat, Kamis 24 Maret 2022.

Endemi menurut isyarat Tonang adalah sasaran antara yang harus diwujudkan dalam jangka pendek setelah pandemi.

“Bukan endemi yang menjadi tumpuan, tapi covid terkendali yang menjadi harapan. Jangan terjebak pada kenyamanan jangka pendek,” ujar Tonang.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menargetkan Indonesia bisa masuk fase endemi enam bulan lagi sejak akhir Maret 2022. Syarat utamanya adalah tidak ada varian baru.

Agar Covid-19 bisa mencapai endemi, diperlukan beberapa faktor untuk mendukungnya. Mulai dari pelacakan kontak hingga testing.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini