Home News TNI Totalitas Amankan Wilayah Perbatasan RI-PNG

TNI Totalitas Amankan Wilayah Perbatasan RI-PNG

0
169
Ilustrasi Aparat Keamanan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus memperkuat pertahanan untuk meningkatkan keamanan di batas-batas negara. Salah satunya yaitu perbatasan Republik Indonesia (RI) dengan Papua Nugini (PNG). Seluruh sektor akan diperkuat mulai dari darat, laut dan udara.

Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta menilai operasi pengamanan perbatasan sudah termasuk tugas pokok sehingga wajar jika dilakukan secara maksimal.

“Operasi pengamanan perbatasan termasuk juga operasi teritorial itu tugas pokok TNI, ketika TNI memperkuat tugas pokoknya dengan melibatkan tiga matra sekaligus itu hal yang wajar,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Selasa 4 Januari 2022.

Kali ini TNI mempercayakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-PNG kepada pasukan khusus alias special forces yang dimiliki TNI Angkatan Udara yaitu Korps Pasukan Khas (Pakhas).

Pasukan tempur yang diterbangkan ke Papua berasal dari Batalyon Komando (Yonko) 462 Paskhas/Pulanggeni. Komandan Yonko 462 Paskhas, Letnan Kolonel Pas Muhammad Junaidi, menegaskan pasukan baret jingga akan ditempatkan di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Dalam pelaksanaan penugasan selalu jaga nama baik satuan, karena tugas itu merupakan suatu kehormatan, tugas itu adalah merupakan harga diri kita dan harga diri satuan, tugas itu merupakan suatu kebanggaan, jadi saya harapkan kepada prajurit Yonko 462 Paskhas agar dapat melaksanaan tugas tersebut dengan baik,” kata Letkol Pas M Junaidi.

Pasukan khusus Yonko 462 Paskhas telah bergerak dari markas mereka di Pekanbaru menuju Papua melalui langit sejak kemarin dengan dilepas seluruh keluarga besar pasukan elite TNI AU tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here