Testing dan Pelacakan Covid19 Jadi 400 Ribu per Hari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Testing dan pelacakan Covid19 akan ditingkatkan hingga 400 ribu per hari dari sebelumnya hanya 100 ribu. Pemerintah daerah diminta membantu pencapaian itu.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam pernyataan tertulisnya yang dilihat Jumat 2 Juli 2021.

Maka, dia meminta pemerintah daerah meningkatkan kapasitas pemeriksaan Covid19 di wilayah masing-masing supaya target tersebut bisa tercapai.

Menteri Kesehatan menjelaskan, penggiatan pelacakan dan pemeriksaan ditujukan untuk mempercepat menemukan kasus suspek dan orang-orang yang melakukan kontak erat dengan penderita Covid19.

“Prioritas testing kita perbaiki, testing ini untuk kepentingan epidemiologi, bukan untuk testing skrining, jadi benar-benar kita kejar suspek dan kontak eratnya,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah boleh melakukan pemeriksaan antigen menggunakan alat tes diagnostik cepat (RDT) atau melakukan pemeriksaan menggunakan metode PCR untuk melacak penularan COVID-19.

Selain mengintensifkan pelacakan riwayat kontak erat penderita Covid19, menurut Budi Gunadi, pemerintah akan memastikan mereka yang melakukan kontak erat dengan penderita infeksi virus corona menjalani karantina sampai dinyatakan bebas infeksi guna mencegah penularan virus meluas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini