Ternyata Edhy Prabowo Penyuka Wine, Beli 26 Botol Langsung dari Prancis dan Australia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Babak baru soal kasus benih lobster yang melibatkan nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan  Edhy Prabowo mulai terungkap di persidangan.

Kali ini soal pengiriman 26 botol minuman alkohol jenis wine ke rumah dinas Edhy Prabowo. Hal itu diungkapkan oleh Tenaga Ahli Partai Gerindra Ery Cahyaningrum

“Iya ada 26 botol, dikirim ke (rumah dinas) Widya Chandra dan Kalibata,” kata Ery, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu 19 Mei 2021.

Ery menjadi saksi untuk enam terdakwa, yaitu Edhy Prabowo, Andreau Misanta Pribadi dan Safri (staf khusus Edhy Prabowo), Amiril Mukminin (sekretaris pribadi Edhy), Ainul Faqih (sespri Iis), dan Siswadhi Pranoto Loe (pemilik PT Aero Cipta Kargo) yang didakwa bersama-sama menerima 77 ribu dolar AS dan Rp 24,625 miliar, sehingga totalnya mencapai sekitar Rp 25,75 miliar dari para pengusaha pengekspor benih bening lobster (BBL) terkait pemberian izin budi daya dan ekspor.

Dua jenis wine yang dikirimkan Ery adalah “Chateau Pontet-canet Pauillac Grand Cru” dari Prancis dan “Australian Red Wines” dari Australia.

“Ke Widya Chandra itu satu lusin, sisanya satu lusin lebih sedikit ke rumah jabatan anggota, Kalibata,” ujar Ery.

Dirinya mengaku diminta untuk mengirim anggur ke dua lokasi tersebut atas permintaan sekretaris pribadi Edhy Prabowo, Amiril Mukminin yang ia kenal sejak 2014.

“Awalnya Amiril pesan karena saat itu ada embargo produk Prancis, saya diminta mencarikan dan kebetulan saya ada kenalan importir ‘wine’ jadi saya hanya perantara saja,” kata Ery.

Secara total Ery mendapat bayaran Rp99,4 juta untuk pembayaran 26 botol wine tersebut.

“Pembayaran melalui dua rekening pertama dari Achmad Bahtiar Rp50 juta dan kedua dari Amri Rp49 juta,” ujar Ery.

“Ini kan namanya Amiril Mukminin, pemimpinnya para mukmin kok malah ditawarkan wine,” tanya anggota majelis hakim Ali Mukhtarom.

“Dia pernah bilang suka wine,” jawab Ery.

“Dikirim ke Widya Chandra atas nama siapa,” tanya hakim.

“Dikirim pakai kurir atas nama Amiril,” jawab Ery.

“Ini saudara kan Tenaga Ahli Partai Gerindra kok keterangannya malah terkait dengan wine. Apalagi ini wine mahal ‘Chateau Pontet-canet Pauillac Grand Cru’, saya pernah minum itu tapi mahal banget,” kata ketua majelis hakim Albertus Usada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini