Tergerus Era Digital, Tabloid Cek & Ricek Gulung Tikar

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Keberadaan media cetak saat ini memang sulit untuk bersaing dengan cepatnya media online yang mudah sekali diakses oleh para pengguna smart phone kapan dan dimanapun.

Media cetak yang semula menjadi kiblat para pembaca untuk mengetahui informasi secara lengkap sudah tergerus dengan kemajuan teknologi yang begitu canggih. Alhasil banyak dari mereka para perusahaan besar media harus gulung tikar dengan keadaan seperti ini.

Sebut saja Tabloid Bintang Indonesia yang pekan lalu tutup usia, kini menyusul Tabloid Cek & Ricek resmi mengakhiri masa jaya. Tabloid Cek & Ricek mengeluarkan edisi terakhir mereka pada hari ini, Selasa 23 April dan memutuskan untuk beralih ke media digital.

“Kami pamit! (Berpisah untuk bertemu kembali) #klik ceknricek.com,” bunyi dari cover Tabloid Cek dan Ricek edisi terakhir.

Kabar tutupnya salah satu tabloid infotainment ini juga dibenarkan oleh Ilham Bintang selaku pendiri dan pemilik Tabloid Cek & Ricek saat dihubungi kumparan. “Ini edisi terakhir, terbit hari ini,” katanya.

Ilham pun sempat mengenang awal berdirinya Tabloid Cek & Ricek di tahun 1998 yang akhirnya kini meredup di tengah era digital.

“Saya terbitkan ini tahun 1998 untuk jadi sekoci. Masa itu televisi hancur, sedangkan C&R baru tayang enam bulan. Tagihan ke televisi macet. Kami pernah mau dibayar dengan ruko terbakar dan satu kontainer mie instan cap ayam merak,” kenangnya.

Namun berjalannya waktu, Ilham menyadari kehadiran media cetak saat ini sangatlah berat, terutama dengan banyaknya kehadiran media online. Tak heran jika akhirnya banyak media cetak yang memilih untuk gulung tikar.

“Secara obyektif, saya sudah mengamati dua tahun terakhir, hari depan cetak amat berat. Mulai jaringan distribusi yang rusak sampai kultur pembaca yang pindah habitat membaca digital,” ujarnya.

“Semua agen media cetak sudah meninggal. Anak-anaknya sebagai pewaris berpendidikan tinggi tak mau menyentuh bisnis orang tua mereka. Bahkan, sampai tingkat pengecer dan lapak, mereka lebih tertarik mengasong teh botol, tissue dan lain sebagainya,” katanya.

Kini, meski Tabloid Cek & Ricek telah gulung tikar, namun berita-berita mereka tetap bisa diikuti oleh para pembaca setia melalui online.

Berita Terbaru

Gubernur DIY dorong Kabupaten/Kota Berkomitmen Mengurangi Kemiskinan

Mata Indonesia, Sleman - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melaksanakan syawalan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (1/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini