Tepat, Target Pemerintah Ubah Pandemi Jadi Endemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Target Pemerintah Indonesia mengubah pandemi Covid-19 menjadi endemi merupakan langkah yang tepat.

Hal itu diungkapkan ekonomi Center of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah, di Jakarta, Kamis 2 September 2021.

Langkah yang terdiri dari menggencarkan disiplin protokol kesehatan, percepatan vaksinasi Covid-19 dan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tersebut menurut Piter terbukti bukan saja bisa mengendalikan Covid-19 tetapi aktivitas ekonomi masih terjaga.

“Langkah tersebut akan secara bertahap meredakan penyebaran Covid-19. Setelahnya, Covid-19 perlahan akan menjadi endemi yang penyebarannya terbatas pada daerah tertentu dalam jumlah dan frekuensi yang lebih rendah sehingga pasien akan mendapat penanganan maksimal,” ujar Piter.

Piter mengusulkan penanganan Covid-19 di setiap daerah tidak diseragamkan harus disesuaikan dengan kasus setempat.

Pemerintah menargetkan tahun depan, sudah bisa membuat Covid-19 menjadi endemi di suatu daerah.

Caranya terus memastikan pelaksanaan protokol kesehatan, mempercepat vaksinasi dan menggencarkan tes-lacak-isolasi/obati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini