Tentukan Indonesia Masuki Endemi Covid-19, Tunggu Pernyataan WHO

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perlu menunggu pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO untuk menyatakan Indonesia dan dunia telah masuk tahap endemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Terpilih Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi, Rabu 16 Maret 2022.

Menurut Adib, WHO menyatakan mendeklarasikan Covid-19 sebagai pandemi sejak Maret 2020 sampai sekarang.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI)itu mengatakan, saat sebuah wabah penularan Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun terakhir harus menggunakan status epidemiologi.

Setelah itu, drh. di muga Adib, ada sejumlah indikator yang dijadikan bukti faktual untuk mengubah pandemi menjadi endemi.

Indikator pertama, apakah masyarakat siap dengan adaptasi kehidupan normal baru (new normal), termasuk siap dengan adaptasi pakai masker menjadi kebiasaan.

Selain itu, jaga jarak dan menghindari hal-hal yang berpotensi terjadi kerumunan. Kemudian hidup sehat.

Indikator kedua, adanya surveillans yaitu peningkatan tes dan pelacakan tetap harus menjadi satu upaya pencegahan.

Indikator ketiga adalah pembatasan angka kesakitan dan angka kematian. Adib menambahkan, empat indikator inilah yang menjadi satu referensi dalam status epidemiologi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini