Survei PEW Research: Islam akan Menjadi Agama Terbesar di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Pew Research Center mengatakan bahwa 2075 agama Islam akan menjadi agama terbesar di dunia. Mengapa?

Pada tahun 2015 data memperlihatkan, dari 7.3 miliar orang-orang yang memeluk agama Kristen sebanyak 31%. Sedangkan orang-orang yang memeluk agama Muslim menempati posisi kedua sebanyak 24%.

Pew Research Center adalah wadah pemikir nonpartisan Amerika Serikat. Mereka berpusat di Washington DC. Pusat penelitian ini merilis informasi tentang tren isu sosial, opini publik, dan demografi di Amerika Serikat dan dunia. Pew juga melakukan jajak pendapat publik, penelitian demografi, analisis konten media, dan penelitian ilmu sosial empiris lainnya.

Kantor riset ini memiliki pandangan netral dan merupakan anak perusahaan The Pew Charitable Trusts.

Dalam surveinya, Pew mengatakan bahwa di tahun 2050 pertumbuhan jumlah penganut agama Islam akan mendekati jumlah umat Kristiani jika tren demografi tidak berubah.

Tren peningkatan muslim terlihat dari gabungan faktor keluarga muda dan tingginya tingkat kesuburan. Prakiraanya bayi yang terlahir di keluarga Muslim pada tahun 2030 – 2035 akan mencapai 225 Juta. Ini selisih 1 juta dengan bayi yang terlahir di keluarga penganut Kristen sekitar 224 Juta.

Dengan perkembangan tersebut, selisihnya akan berkembang jauh pada tahun 2055 – 2060. Jumlah bayi yang lahir di keluarga Muslim akan mencapai 232 Juta. Sementara di keluarga Kristen sekitar 226 Juta.

Selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa agama Muslim sebagian besar tinggal di kawasan Asia dan Pasifik. Indonesia adalah negara yang memiliki umat Muslim terbesar di dunia, kemudian Pakistan dan India. Menurut Pew pada tahun 2050 predikat Negara penganut agama Muslim terbesar di dunia akan diambil alih oleh India.

Selain itu, kenaikan jumlah penganut agama Muslim juga tidak hanya di  India melainkan negara-negara yang berada di Afrika–Sub Sahara. Karena tingkat kesuburan yang tinggi di sana. Pew memprediksikan bahwa pada 2040 kenaikan alamiah penduduk Muslim di Afrika – Sub Sahara lebih tinggi dari Asia.

Reporter: Desmonth Redemptus Flores So

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini