Sulteng Bersiap Jadi Penyangga IKN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sulawesi Tengah (Sulteng) sedang bersiap menjadi penyangga bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng bersama masyarakat sedang bersiap menjadi penyangga kebutuhan IKN di Kalimantan Timur,” kata Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura di Palu, Sabtu 12 Maret 2022.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura saat ini berada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam kesempatan itu, Rusdy Mastura menyampaikan kepada Menteri LHK Siti Nurbaya mengenai dukungan penuh Pemprov Sulteng atas kebijakan Presiden memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Kepada Menteri LHK, Rusdy mengatakan bahwa perpindahan Ibu Kota Negara menjadi satu peluang penting bagi Provinsi Sulteng untuk meningkatkan fiskal daerah. “Kebijakan ini selain untuk pemerataan pembangunan daerah, juga menjadi peluang bagi masingmasing daerah untuk meningkatkan fiskal,” ujarnya.

Karena itu, sebut Rusdy, Sulteng mulai melakukan persiapan-persiapan untuk menunjang IKN, yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki oleh daerah pada sektor energi sumber daya mineral, pertanian dan perkebunan, kehutanan, kelautan dan perikanan.

“Kami juga memiliki potensi material galian C yang dapat mendukung proses pembangunan IKN,” ujarnya.

Ia menguraikan, saat ini Pemprov Sulteng bersama Pemerintah Pusat mulai menyiapkan kawasan pangan di Desa Talaga, Kabupaten Donggala, untuk menunjang kebutuhan pangan di IKN.

“Pembangunan kawasan pangan ini mengadopsi konsep food estate, dan lahannya sudah kami siapkan di Desa Talaga dan sudah ditinjau oleh tim dari Pemerintah Pusat,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini