Sudah 128 Proyek Strategi Nasional Berjalan dengan Anggaran Rp 716,4 Triliun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejak 2016 sudah 128 Proyek Strategis Nasional (PSN) sudah berjalan dengan anggaran  Rp 716,4 triliun.

Berdasarkan Peraturan Menko Perekonomian No 7/2021, saat ini sedang ada percepatan sebagian dari 208 proyek dan 10 program. Sebagaimana tercantum dalam Daftar Proyek Strategis Nasional.

Selama periode 2020 sampai dengan 2024, PSN telah menyediakan lapangan pekerjaan sebanyak 1.9552.396. Dalam 200 proyek dan 3 program. Dan potensi penyerapan tenaga kerja baik mencapai 11 juta orang sejak 2016.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Wahyu Utomo, memaparkan pembangunan infrastruktur merupakan kunci pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Investasi untuk pembangunan PSN di berbagai sektor memiliki efek berganda. Terhadap pengembangan wilayah, khususnya pada output perekonomian daerah. Nilai tambah industri, pendapatan tenaga kerja, dan penciptaan kesempatan kerja.

“Pembangunan PSN yang tersebar di wilayah Indonesia merupakan upaya peningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur di Indonesia. Secara tidak langsung dapat mengurangi kesenjangan pertumbuhan pendapatan per kapita,” ujar Wahyu.

Sampai pada 2021, lanjut Wahyu, pengembangan infrastruktur di berbagai sektor yang diselesaikan memberikan dampak yang signifikan. Dalam proyek pembangunan jalan tol, telah terbangun total panjang mencapai 1.556 km. Pada proyek perkeretaapian, telah beroperasi sistem transportasi MRT dan LRT pertama di Indonesia, dan pembangunan rel kereta api yang telah mencapai 50 km di Pulau Sulawesi.

Dalam proyek Bandar Udara, telah selesai 14 proyek bandara di 14 provinsi untuk menambah kapasitas konektivitas secara regional.

Sektor teknologi, telah selesai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah, dan Timur yang melayani 514 kota/kabupaten.

Sedangkan proyek air bersih dan sanitasi, terdapat 3 proyek SPAM dengan skema KPBU yang sudah selesai untuk menambah layanan kepada lebih dari 2 juta orang.

PSN Bendungan, 22 bendungan telah terbangun, menambah persediaan air baku sebesar 1,56 Miliar m3, mereduksi potensi banjir sebesar 4.306,72 m3/detik, meningkatkan pasokan air baku sebesar 10,990 liter/detik, mengairi sawah seluas 206 ribu hektar, dan memproduksi 123 MW listrik.

Dalam proyek irigasi, telah terbangun tambahan jaringan irigasi untuk mengairi sawah seluas 865.4 hektare. Dalam proyek ketenagalistrikan, 10.903 MW telah beroperasi dan 18.024 MW sedang dalam tahap konstruksi.

Pada proyek hulu migas, saat ini terdapat 4 proyek pengembangan lapangan hulu migas dengan estimasi total investasi sebesar USD 53 Miliar dengan potensi produksi gas bumi sebesar 23,3 MTPA atau 3,3 BCFD.

Dalam penyelesaian proyek pelabuhan, pemerintah melakukan pembangunan Pelabuhan Hub Internasional dan 4 Pelabuhan Strategis lainnya di Indonesia. Berpotensi menambah volume kargo sebesar 25 juta TEU’s di tahun 2035.

Selain sektor-sektor di atas, terdapat pencapaian proyek sektor kawasan sebagai pendukung sentra ekonomi daerah yakni telah selesainya 8 proyek Kawasan Industri, 10 proyek Kawasan Ekonomi Khusus, dan 6 proyek Smelter.

Wahyu menegaskan, pembangunan infrastruktur harus berorientasi pada semangat membangun peradaban. Dan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi serta manfaat bagi rakyat, khususnya pada perekonomian daerah, nilai tambah industri, pendapatan tenaga kerja dan penciptaan kesempatan kerja.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini