Solusi Kominfo Sleman terhadap Ancaman Siber: Triple Backup dan Pengawasan Intensif

Baca Juga

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman telah memastikan melakukan backup data di Bumi Sembada. Data tersebut diawasi 24 jam non-stop.

Eka Suryo Prihantoro, Plt Kepala Dinas Kominfo Sleman, menyatakan bahwa backup data telah dilakukan sejak lama. Bahkan, tidak hanya double backup, tetapi juga triple backup untuk menjamin keamanan data di Sleman.

“Kami selalu melakukan backup data setiap hari di tiga lokasi berbeda: Kominfo, Jogja, dan luar daerah,” ujar Eka Sabtu 6 Juli 2024.

Menurut Eka, pencadangan data penting untuk melindungi data dari ancaman siber maupun non-siber. Meskipun tidak ada sistem yang 100 persen aman, Kominfo terus berusaha menjaga data dari ancaman oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Backup dilakukan rutin setiap hari dan ditempatkan di tiga lokasi berbeda. Triple backup ini untuk berjaga-jaga jika ada masalah dengan data di Kominfo,” ujar dia.

Selain melakukan pencadangan data di tiga lokasi, Kominfo Sleman juga menjaga data selama 24 jam. Ada tiga shift yang mengawasi data dengan empat orang setiap hari.

“Sehari dibagi tiga shift, pagi dua orang dan shift lain satu orang,” kata Eka.

Eka juga menekankan pentingnya kemampuan pengawas data selain dukungan teknologi.

“Meskipun perangkat canggih, tanpa kemampuan pengawasan yang memadai, tidak akan maksimal. Pengawas data harus terus belajar,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Setahun Genosida Penjajah, FUI Akan Gelar Aksi di Titik Nol Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang tergabung dalam Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) berencana akan turun aksi peduli Palestina kembali pada 13 Oktober 2024 pagi hari di Kawasan Titik Nol Kilometer, Yogyakarta.
- Advertisement -

Baca berita yang ini