Soal Kasus Orient Riwu, Ketua Bawaslu: Bola Ini Ada di Mendagri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan berkata, pihaknya telah mengusulkan agar pelantikan bupati Sabu Raijua yang terpilih pada Pilkada 2020 lalu, yakni Orient Riwu Kore, ditunda.

Seperti diketahui, Orient Riwu menang dalam Pilkada Sabu Raijua. Namun, ia diduga melakukan pelanggaran, karena statusnya sebagai warga negara Amerika Serikat.

Abhan mengaku, pihaknya langsung menyampaikan usulan penundaan pelantikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita akan menelusuri, mengkaji lebih jauh kira-kira ruang hukum apa yang bisa kita gunakan, nanti tentu akan kami sampaikan perkembangan kami lebih lanjut. Tetapi tahapan awal ini adalah kita penundaan dulu,” kata Abhan, Kamis 4 Februari 2021.

Ia menegaskan, tahapan berikutnya terkait proses pelantikan pasangan calon kepala daerah terpilih menjadi kewenangan mendagri. Sebab, KPU Kabupaten Sabu Raijua pun sudah melimpahkan berkas pengusulan pengesahan pengangkatan kepada mendagri melalui DPRD.

“Karena sebenarnya bola ini kan ada di Kemendagri, karena KPU sudah melimpahkan berkas itu. Kemudian kalau ada kajian lebih lanjut dari kami, soal misalnya apakah diskualifikasi, atau batal demi hukum, dan sebagainya,” ujar Abhan.

Sementara Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menjelaskan, tahapan Pilkada 2020 sudah selesai dengan dilakukannya penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU.

Fakta Orient Patriot Riwukore adalah warna negara Amerika baru diketahui setelah adanya surat balasan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) pada 1 Februari 2021, usai KPU menyampaikan dokumen usulan pengesahan pengangkatan pasangan calon terpilih.

Menurut Fritz, muncul sejumlah pertanyaan terkait masalah hukum yang jawabannya masih didiskusikan. Sebab, kata dia, persoalan seperti ini adalah yang pertama kalinya sepanjang pelaksanaan pilkada.

“Jadi kita memang bertemu dengan persoalan hukum yang saya rasa belum pernah terjadi di selama proses pilkada dan ini akan bisa menentukan proses pengawasan terhadap dengan proses verifikasi pasangan calon dan peran dari lembaga-lembaga terkait,” kata Fritz.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini