Setelah Anjlok Gara-Gara Dukung Anies Baswedan, Elektabilitas Nasdem Kembali Naik Karena Bertemu Puan Maharani

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah angkanya anjlok akibat mendukung Anies Baswedan, elektabilitas Partai Nasional Demokrat (Nasdem) kembali meningkat setelah Surya Paloh bertemu Puan Maharani, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu tercermin dari hasil survei lembaga Voxpopuli Research Centre 1-7 September 2022.

“Basis pemilih Nasdem yang sebelumnya menolak dukungan Nasdem terhadap Anies kini memutuskan untuk kembali,” ujar Peneliti Senior Voxpopuli, Prijo Wasono, Selasa 13 September 2022.

Hingga kini elektabilitas PDIP masih yang tertinggi dengan angka 18,8 persen, disusul Gerindra 13,3 persen, Golkar 8,4 persen dan PKB 7,7 persen.

PDIP merupakan satu-satunya partai yang bisa mengajukan calon presiden dan calon wakil presiden tanpa koalisi karena presidential treshold di atas 20 persen.

Sedangkan yang lainnya harus berkoalisi untuk mengajukan calon presiden dan wakil presiden tersebut.

Namun, Prijo menegaskan koalisi tersebut belum tentu bisa bertahan hingga Pemilu 2024 karena PPP misalnya dilanda masalah internal.

Selain itu, manuver Puan Maharani yang berusaha mencari kawan koalisi akan menghancurkan harapan partai lain yang tidak memiliki presidential treshold 20 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini