Seorang Perempuan Tewas dan 160 Rumah Roboh Akibat Gempa Maluku Utara

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Gempa dengan magnitudo 7,2 di Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara jelas menghasilkan guncangan yang sangat besar. Meski belum ada pernyataan resmi soal akibat gempa, namun twitter BNPB mengungkapkan seorang meninggal dunia akibat gempa di Kecematan Gane, Halsel, Senin 15 Juli 2019.

Sedangkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan ratusan bangunan roboh dan seorang meninggal dunia di Pulau Bacan.

Warga yang meninggal dunia yang sudah teridentifikasi berada di Kecamatan Gane, berkelamin perempuan dan bernama Ibu Aisyah.

Seperti diberitakan, Kecamatan Gane merupakan wilayah yang paling dekat dengan pusat gempa. Pusat gempa tercatat 62 kilometer timur laut Labuha, Maluku Utara.

Sementara, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya sementara menyatakan gempa itu juga mengakibatkan 160 rumah roboh.

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara menyarankan Pemerintah Kabupaten Halsel segera menetapkan status tanggap darurat gempa.

Hal tersebut akan memudahkan BPBD menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak gempa tersebut.

Menurut Sekretaris BPBD Maluku Utara Ali Yau, Halmahera Selatan memenuhi syarat menyatakan status tanggap darurat bencana karena gempa yang terjadi Minggu 14 Juli 2019 sore telah menimbulkan dampak yang signifikan, terutama di Gane Barat dan Gane Timur

Ali juga mengatakan bahwa BPBD Maluku Utara sejak Minggu malam sudah menurunkan tim ke Saketa, Kecamatan Gane Barat, untuk memantau dampak gempa dan membantu warga sambil menunggu penetapan status tanggap darurat bencana untuk menyalurkan bantuan logistik.

BPBD Maluku Utara belum menerima laporan terperinci mengenai dampak gempa Minggu, sementara BPBD Halmahera Selatan baru Senin pagi ini memeriksa wilayah terdampak gempa.

Namun, menurut keterangan warga, gempa menimbulkan korban dan kerusakan di Gane Barat dan Gane Timur.

Berita Terbaru

Komsos TNI dengan Komponen Masyarakat, Bersatu dalam Keberagaman Menuju Indonesia Maju

Mata Indonesia, Sleman - Kasiter Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Tri Sugiarto mewakili Danrem 072/Pamungkas hadiri kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) TNI dengan Komponen Masyarakat (Kommas) TA. 2024 bertempat di Ballroom Ayodya Hotel Indoluxe, Jalan Palagan Tentara Pelajar No.106, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Selasa, (21/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini