Selalu Disalahgunakan, Susi Pudjiastuti Minta Semua Jenis Subsidi Diganti Bantuan Tunai

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ikut merespon pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal hasil subsidi pupuk yang digelontorkan pemerintah.

Menurutnya, bantuan tersebut kerap kali disalahgunakan dan yang mendapatkannya bukan yang berhak. Untuk itu dirinya meyarankan pemerintah menghentikan semua jenis subsidi yang berupa komoditi atau barang.

Lewat cuitan akun twitternya, dia menyarankan subsidi pupuk diganti dengan ketersediaan bibit gratis atau bantuan tunai. “Bangun data penerima yang sebenar-benarnya. Please,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mempertanyakan hasil dari subsidi pupuk yang selama ini digelontorkan pemerintah. Dia menilai setiap tahun pemerintah terus mengeluarkan dana untuk subsidi pupuk lebih dari Rp 30 triliun.

“Berapa puluh tahun kita subsidi pupuk. Setahun berapa kita subsidi pupuk, Rp 30-an triliun, 33 triliun setiap tahun, returnnya apa? Kita beri subsidi pupuk kembaliannya apa? Apakah produksi melompat naik?” ujar Jokowi dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian 2021, Senin, 11 Januari 2021.

Jokowi mempertanyakan hasil dari subsidi pupuk tersebut lantaran apabila diperhitungkan dalam sepuluh tahun, pemerintah telah mengeluarkan uang Rp 330 triliun untuk bantuan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini