Sejarah Trofi-trofi Sepak Bola, Termasuk Trofi Piala Dunia yang Dicuri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada banyak trofi di sepak bola mulai dari paling bergengsi hingga level biasa saja. Uniknya, trofi Piala Dunia pernah dicuri sebanyak dua kali.

Piala Dunia pertama kali diselenggarakan pada 1930. Nama trofi Piala Dunia pertama diambil dari nama mantan presiden FIFA, Jules Rimet. Trofi ini didesain oleh pematung asal Prancis, Abel Lafleur, berbentuk sosok Dewi Yunani yang sedang memegang cawan.

Trofi yang terbuat dari perak asli dan berlapis emas ini dijuluki “The Golden Goddest”. Ternyata, trofi ini sempat dicuri pada tahun 1966 tepatnya empat bulan sebelum Piala Dunia digelar di Inggris dari ruang pameran central hall Westminster.

Pencurinya adalah Edward Betchley dan berhasil ditangkap. Trofi akhirnya ditemukan di London Selatan oleh seekor anjing bernama Pickles. Dave Corbett, pemilik anjing tersebut, mengembalikan trofi dan menerima imbalan sebesar 6.000 Poundsterling.

Berselang 17 tahun dari upaya pencurian pertama, trofi Jules Rimet kembali dicuri. Kali ini terjadi di Piala Dunia 1970 di Brasil. Dalang dari pencurian tersebut adalah Peralta, yang merupakan bankir klub Altetico Mineiro.

Pada 1974, trofi kembali dibuat. Pembuatannya dilakukan berdasarkan pemenang sayembara desain pematung asal Italia, Silvio Gazzaniga. Dia juga yang mendesain trofi UEFA Cup dan UEFA Super Cup.

Pemenang pada turnamen ini hanya menerima replika dalam bentuk perunggu berlapis emas. Hal ini dilakukan berdasarkan pengalaman pencurian trofi Piala Dunia sebelumnya. Trofi hanya dikeluarkan pada saat tur, pengundian Piala Dunia, dan babak final.

Bicara trofi Piala Dunia, berkaitan banget dengan kompetisi sepak bola bergengsi dari berbagai negara yang memperebutkan trofi dengan sistem turnamen. Berikut beberapa di antaranya:

1. UEFA Champions League
Sebuah kompetisi sepak bola antarklub di Benua Eropa yang diselenggarakan setiap tahun oleh UEFA yang diikuti klub divisi tertinggi Eropa. Kompetisi ini merupakan turnamen paling berengsi di dunia dan kompetisi antarklub paling bergengsi di sepak bola Eropa.

Final Liga Champions Eropa juga merupakan ajang yang paling banyak ditonton di seluruh dunia setiap tahunnya. Final musim 2013/14 paling banyak ditonton mencapai angka 360 juta. Piala yang diperbutkan sekarang adalah edisi keenam.

Kualifikasi Liga Champions ditentukan posisi tim-tim di liga domestik serta melalui sistem kuota. Juara UEFA Champions League terbanyak adalah Real Madrid sebanyak 13 kali. Selanjutnya AC Milan dengan tujuh kali juara, Liverpool dan FC Bayern Muenchen sama-sama enam kali juara, dan Barcelona FC dengan lima kali juara.

2. FA Cup
Piala FA adalah sebuah kompetisi sepak bola dengan sistem gugur tahunan di Inggris. Ini merupakan kompetisi sepak bola tertua di dunia. Kompetisi ini dinamakan dan dijalankan langsung oleh FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) yang mengacu pada klub-klub sepak bola yang ada di Inggris.

Piala FA pertama digelar di musim 1871/1872 yang diikuti 17 klub. Laga final selalu digelar di Stadion Wembley. Sejauh ini Arsenal menjadi klub terbayak yang menjadi juara sebanyak 14 kali. Klub London Utara itu juga menjadi klub paling sering tampil di final sebanyak 21 kali.

3. Coppa Italia
Coppa Italia kompetisi piala domestik di Italia. Kompetisi ini pertama kali digelar di tahun 1922 yang awalnya tak digelar setiap tahun. Coppa Italia sempat berhenti setelah Perang Dunia musim 1942/1943 dan 1958. Setelah itu, Coppa Italia digelar rutin setiap musim.

Coppa Italia menggunakan sistem gugur. Setiap tim bertanding satu kali kecuali saat sudah memasuki babak semifinal. Jika pertandingan berakhir seri, maka ada tambahan waktu. Apabila hasil tetap tak berubah, maka dilanjutkan dengan adu penalti.

4. Copa del Rey
Copa del Rey atau Piala Raja Spanyol adalah kompetisi sepak bola tahunan untuk klub-klub sepak bola asal Spanyol. Copa del Rey pertama kali digelar pada 1902. Kompetisi ini meruapakan yang tertua di Spanyol. Juara Copa del Rey otomatis lolos ke UEFA Europa League di musim berikutnya. Barcelona tim paling sukses di Copa del Rey dengan 30 gelar juara. Di posisi kedua ada Athletic Bilbao.

5. DFB Pokal
DFB Pokal merupakan kompetisi domestik terbesar di Jerman. Kompetisi ini pertama kali digelar pada 1935 saat masih bernama Tschammer Pokal. Pada 1953, nama kompetisi ini berubah menjadi DFB Pokal. Sebanyak 64 klub berpartisipasi dalam kompetisi ini termasuk dari Bundesliga dan Bundesliga II.

Kompetisi ini sempat dihentikan pada 1944 karena Perang Dunia II dan baru dilanjutkan lagi pada 1952. Bayern Muenchen paling dominan di ajang ini dengan 19 trofi. Posisi kedua ada Fortuna Dusseldorf dengan 18 trofi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini