Sebelum Meninggal, Pria India dengan 39 Istri Ingin Menikah Lagi

Baca Juga

MATA INDONESIA, NEW DELHI – Seorang pria di India yang memiliki 39 istri, 94 anak, 33 cucu, dan satu cicit dilaporkan meninggal dunia. Pria yang didaulat sebagai kepala keluarga  terbesar di dunia itu tutup usia pada umur 76 tahun.

Ziona Chana, kepala sekte Kristen lokal di India yang mengizinkan poligami, meninggal dunia pada Minggu (13/6), kata Kepala Menteri Mizoram, Zoramthanga. Sebagai catatan, sekte tersebut membolehkan poligami bagi laki-laki, didirikan oleh kakek Ziona pada 1942.

Dengan total 167 anggota, keluarga Ziona Chana adalah yang terbesar di dunia, menurut media di India. Ziona menikahi istri pertamanya ketika dia berusia 17 tahun, dan mengklaim dia pernah menikahi sepuluh istri dalam satu tahun.

Ziona tinggal bersama keluarganya di bangunan berwarna merah muda berlantai empat yang disebut “Chuuar Than Run” atau Rumah Generasi Baru, dengan 100 kamar di daerah Baktawng, sebuah desa terpencil di Mizoram, India yang menjadi daya tarik wisata, menurut Zoramthanga.

Mereka berbagi tempat tinggal di dekat kamar tidur pribadinya. Penduduk setempat mengatakan bahwa Ziona suka memiliki tujuh atau delapan dari istrinya untuk berada di sisinya setiap saat.

Terlepas dari ukuran keluarganya yang besar, Ziona mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara tahun 2011 bahwa dia ingin mengembangkannya lebih jauh, dengan kata lain memiliki lebih banyak istri dan anak lagi.

“Saya siap untuk memperluas keluarga saya dan bersedia pergi ke mana pun untuk menikah,” kata Ziona kala itu.

“Saya memiliki begitu banyak orang untuk dirawat dan dijaga, dan saya menganggap diri saya orang yang beruntung,” sambung pria kelahiran India, 21 Juli 1945 itu.

Ziona dikabarkan menderita diabetes dan hipertensi. Dokter mengatakan kepada kantor berita PTI, India bahwa kondisi Ziona memburuk setelah dirawat di rumahnya. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit pada Minggu (14/6) malam WIB dan kemudian dinyatakan meninggal dunia begitu tiba di rumah sakit.

Semasa hidupnya, Ziona merupakan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi daerah dan keluarganya yang berdomisili di timur laut India. Kehidupan Ziona dengan istri dan puluhan anaknya kerap menjadi berita utama selama bertahun-tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini