“Saya Tidak Pernah Ingin Menyakiti Putri Diana”

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Mantan jurnalis BBC yang melakukan penipuan demi mendapatkan wawancara sensasional mendiang Putri Diana tahun 1995 membantah bahwa dia bertanggung jawab atas rangkaian peristiwa yang menyebabkan sang putri meninggal dunia.

Martin Bashir –yang saat itu hanyalah jurnalis biasa tanpa nama besar, berhasil mengungkapkan detail pernikahan sang Putri dengan Pangeran Charles yang gagal. Namun, kepada The Sunday Times ia mengatakan bahwa ia yakin tindakannya saat itu tidak membahayakan hidup dan nyawa Putri Diana.

Investigasi independen yang diterbitkan pada Kamis (20/5) menemukan bahwa Bashir melaporkan pernyataan bank palsu kepada Charles Spencer bahwa Putri Diana disadap oleh layanan keamanan dan dua asisten senior dibayar untuk memata-matainya.

“Saya tidak pernah ingin menyakiti Diana dengan cara apa pun dan saya tidak percaya kami melakukannya,” kata Bashir kepada The Sunday Times, melansir Reuters, Minggu, 23 Mei 2021.

Putra tertua Putri Diana, Pangeran William, mengatakan bahwa cara wawancara itu dijamin menipu dan kegagalan BBC berkontribusi signifikan terhadap ketakutan, paranoia, dan isolasi Princess of Wales –gelar kebangsaan Putri Diana.

Sementara Pangeran Harry dan saudara laki-laki Putri Diana, Charles Spencer mengatakan wawancara itu adalah bagian dari serangkaian praktik tidak etis yang akhirnya membuat Diana kehilangan nyawanya dalam kecelakaan mobil di Paris tahun 1997.

“Saya tidak merasa saya bertanggung jawab atas banyak hal lain yang terjadi dalam hidupnya, dan masalah kompleks seputar keputusan itu,” sambung Bashir.

“Saya dapat memahami motivasinya … tetapi untuk menyalurkan tragedi tersebut, hubungan yang sulit antara keluarga kerajaan dan media hanya di pundak saya terasa sedikit tidak masuk akal … Saran bahwa saya bertanggung jawab secara tunggal menurut saya tidak masuk akal dan tidak adil,” tuturnya.

Meski demikian, Bashir mengakui bahwa dia menggunakan pernyataan bank palsu yang menurut penyelidikan adalah bagian dari penipuan Putri Diana.

“Jelas saya menyesal, itu salah. Tapi itu tidak ada hubungannya dengan apa pun. Itu tidak ada hubungannya dengan ( Putri Diana), itu tidak ada hubungannya dengan wawancara,” sambungnya.

Pekan lalu, kantor berita BBC mengumumkan bahwa Bashir meninggalkan pekerjaannya saat ini sebagai editor lantaran kesehatannya yang memburuk. Bashir pun meminta maaf atas pernyataan palsu tersebut.

Laporan mantan hakim senior John Dyson termasuk catatan tulisan tangan dari Diana sebulan setelah wawancara, di mana dia mengatakan tidak pernah menyesal dan Bashir tidak menunjukkan informasi apa pun yang sebelumnya tidak Putri Diana sadari.

“Dengan perilakunya yang menipu … Bashir sukses merekayasa pertemuan yang mengarah pada wawancara. Tapi penting untuk ditambahkan bahwa Putri Diana mungkin akan setuju untuk diwawancarai,” sambung laporan tersebut.

“Meskipun BBC tidak dapat memutar balik waktu setelah seperempat abad, kami dapat membuat permintaan maaf yang lengkap dan tanpa syarat,” tegas Direktur Jenderal BBC, Tim Davie.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini