Satu Lagi Impian Jokowi untuk Indonesia, Terwujud

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Satu lagi impian Presiden Jokowi terwujud yaitu Indonesia memiliki pasar ikan yang bersih dan pantas menjadi destinasi wisata di Jakarta Utara.

Pasar seperti itu kini bisa dijumpai di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang diresmikan Presiden, Rabu 13 Maret 2019 malam.

PIM itu menerapkan konsep one stop shopping untuk produk ikan di tempat yang bersih, nyaman dan terjamin.

Pasar ikan kekinian tersebut dibangun sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

Selain itu sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Perikanan Nasional.

“Ya memang ini sebetulnya pasar ikan modern ke depan untuk seluruh provinsi, ini dipakai sebagai contoh nantinya pembangunan di provinsi-provinsi yang lain, termasuk fasilitas di dalamnya,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, PIM menerapkan standar internasional karena ada fasilitas foodcourt, cool storage, hingga keperluan sanitasi yang baik untuk pasar ikan.

Semua itu akan mengubah budaya masyarakat dari sebelumnya jorok, tidak teratur dan suram.

Dia bahkan mengharapkan semua pedagang pasar setiap hari mengenakan seragam yang bersih.

Menurut Jokowi pasar itu memang impiannya sejak Juli 2016. Dia menginginkan Indonesia memiliki pasar ikan seperti Tsukiji di Tokyo, Jepang.

Dalam siaran persnya Kementerian Kelautan dan Perikanan menyampaikan, bangunan PIM Muara Baru seluas 2 Ha berdiri di lahan sekitar 4,15 hektar.

Untuk mewujudkan itu menghabiskan anggaran Rp150,69 miliar. Pasar itu dibangun dengan sistem design and built oleh pelaksana PT Pembangunan Perumahan dan Manajemen Kontruksi PT Fajar Nusa Consultans.

PIM Muara Baru itu akan menjadi sentra perikanan nasional yang strategis mengingat banyaknya ikan yang diperjualbelikan di pasar existing Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Muara Baru.

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini