Sandiaga Uno Berbagi Tips Bertahan di Tengah Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sandiaga Uno yakin benar, rakyat Indonesia bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini dengan berbagai strategi untuk lolos dari tekanan ekonomi.

Menurutnya, para pengusaha baik kecil maupun besar harus bertransisi dan beradaptasi dengan kebiasaan baru, yakni protokol kesehatan.

“Kuncinya ya protokol kesehatan, kalau bisa tanamkan budaya hidup bersih, jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan,” kata Sandiaga dalam sebuha webinar, Sabtu 8 Agustus 2020.

Bagi Sandi, kreatifitas adalah kunci utama agar para pelaku usaha bisa tetap bertahan. Ia meminta agar semua pihak melihat peluang baru yang bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan perekonomian.

“UMKM butuh vaksin kreatifitas dan fokusnya customer sampai pelanggan,” ujar Sandi.

Selanjutnya memaksimalkan kearifan lokal yang ada di Indonesia. “Bagaimana kita saling peduli, tolong menolong usaha dengan produk lokal. Kita harus bangga dengan buatan Indonesia, kalau bukan kita siapa lagi? Kalau masih bisa belanja, belanjalah produk lokal,” kata dia.

Menurut Sandi, pelaku usaha juga harus memanfaatkan teknologi digital. Reborn with the digital ini menjadi sangat penting dalam kehidupan karena saat ini akibat pandemi, manusia tak lagi berinteraksi langsung namun melalui teknologi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini