Sabtu Ini, Tarif Tol Ruas Dalam Kota Jakarta Naik Rp 500

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mulai Sabtu 26 Februari 2022, sejumlah jalan tol akan naik tarifnya.

Tarif tol yang akan naik tersebut untuk

  • Ruas Cawang-Tomang-Pluit
  • Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit

“Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR, penyesuaian tarif pada Jalan Tol Dalam Kota Jakarta yang mengalami kenaikan sebesar Rp 500 setiap golongan,” kata Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head  Raddy R Lukman, Rabu 23 Februari 2022.

Dengan ketentuan tersebut maka tarif untuk kendaraan golongan I dari Rp 10 ribu menjadi Rp 10.500. Golongan II dan III dari Rp 15 ribu menjadi Rp 15.500. Sementara golongan IV dan V dari Rp 17 ribu menjadi Rp 17.500.

Raddy menjelaskan, berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. Sementara penyesuaian tarif Jalan Tol Dalam Kota Jakarta berdasarkan pada inflasi periode periode 1 November 2019 hingga 30 November 2021 sebesar 3,03 persen.

“Penyesuaian tarif ini sebagai wujud kepastian pengembalian investasi bagi Badan Usaha Jalan Tol sesuai Business Plan, membangun dan menjaga iklim investasi Jalan Tol di Indonesia yang kondusif, serta menjaga dan meningkatkan level of services jalan tol,” ujar Raddy.

Sampai saat ini, Raddy mengatakan Jalan Tol Dalam Kota berperan penting dalam mendukung pertumbuhan Kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, dan hiburan serta sebagai sarana mobilitas orang dan barang yang semakin meningkat.

Jalan tol tersebut juga merupakan jalur VIP dikarenakan menjadi jalur lalu lintas bagi Tamu Negara, jalur lalu lintas presiden, kementerian, dan pemerintahan lainnya dalam melaksanakan perjalanan dinas.

Selain itu, ruas tol tersebut juga menjadi jalur alternatif menuju dan dari wilayah pusat perkantoran dam pusat hiburan. Lalu juga menjadi jalur logistik menuju dan dari Pelabuhan Tanjung Priok serta Bandara Soekarno-Hatta.

Raddy mengungkapkan, dalam hal pelayanan lalu lintas, Jasa Marga saat ini memiliki Jasa Marga Tollroad Commandcenter (JMTC). Ini merupakan pusat informasi dan pengendali lalu lintas terintegrasi di jalan tol berbasis Intelligent Transportation System (ITS).

Direktur CMNP Hasyim memasatikan akan secara terus menerus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Baik dari transaksi di gerbang tol, pelayanan lalu lintas maupun peningkatan kualitas jalan. “Pada transaksi gerbang tol CMNP telah menambah mobile reader di beberapa Gerbang Tol yang padat. Seperti Kebon Bawang, Podomoro dan Cempaka Putih,” ujar Hasyim.

Ia mengatakan pada pelayanan lalu lintas CMNP melakukan peremajaan bagi sejumlah kendaraan operasional. Yaitu enam unit mobil derek dan satu unit mobil ambulans. ”CMNP juga berencana untuk menambah sejumlah unit CCTV di sepanjang ruas Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc. Hal ini guna meningkatkan point of view petugas Sentral Komunikasi agar dapat memberikan respons lebih cepat di jalan tol,” ujar Hasyim.

Hasyim menambahkan CMNP telah membangun tanggul banjir Simpang Susun Cawang di ramp Cikampek – Tanjung Priok. Ini untuk meminimalisir banjir yang mungkin terjadi saat curah hujan tinggi. Selain juga telah menambah pompa pengendali banjir agar genangan yang terjadi saat musim hujan tiba dapat segera teratasi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hasil Sidang Sengketa Pilpres Ditolak MK, Bukti jadi Alasannya tapi Hakim Tak Terapkan Etika Hukum

Mata Indonesia, Yogyakarta - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang putusan sengketa hasil Pemilihan Umum (PHPU) Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024, Senin (22/4/2024), menolak permohonan dari paslon nomor urut 01 dan 03. MK menyatakan bahwa permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD tak memiliki dasar hukum yang cukup.
- Advertisement -

Baca berita yang ini